Cara Mengatasi Anak Nakal Usia 4 Tahun Paling Efektif

Kesulitan menghadapi kenakalan anak memang tidak mudah maka gunakan cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun paling efektif berikut ini.
Cara Mengatasi Anak Nakal Usia 4 Tahun Paling Efektif

Banyak orang tua merasa kesulitan ketika menghadapi kenakalan anak sehingga membutuhkan cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun.

Balita memang rentan melakukan kenakalan namun selama batas wajar maka tidak menjadi masalah. Namun jika sudah membuat orang tua kerepotan maka harus segera diatasi agar tidak merugikan dan menjadi kebiasaan.

Dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua dengan anak agar kenakalan dilakukan bisa benar-benar diatasi dan membawa perubahan positif.


Pada Dasarnya Tidak Ada Anak Nakal dan Hindari Kata Itu

Kunci utama dalam cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun adalah dari orang tuanya sendiri. Sebaiknya harus pandai menahan diri dengan tidak mengatakan atau menyebut anak nakal setiap harinya.

Menyebut nakal kepada anak-anak sama dengan mengecap mereka dan hal ini secara tidak langsung akan tertanam dalam pikiran. Jika terus menerus mendapatkan perkataan seperti itu maka menjadi semakin nakal bahkan tidak terkendali.

Pada dasarnya tidak ada anak nakal namun karakteristik dan cara belajar mereka yang berbeda-beda. Ada yang memang aktif dan memiliki tingkat penasaran tinggi sehingga terus mencari tahu hal-hal baru.

Ada juga yang memang penuh dengan energi sehingga harus disalurkan ke hal lain agar tidak berperilaku merusak. Serta tidak menggunakan energi tersebut untuk menganggu orang lain jadi harus benar-benar dikenali.

Sebaiknya orang tua mencari pilihan kata positif ketika menghadapi kenakalan pada anak-anak seperti mengubah kata nakal menjadi pinter, baik dan lainnya. Dengan begitu diharapkan ada perubahan secara perlahan dari kata-kata positif yang didengarnya.

Cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun sangat efektif jika diterapkan dengan baik oleh orang tua setiap harinya.

Anak-anak merupakan peniru ulung sehingga mereka akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang dewasa maupun orang-orang disekitarnya. Maka semua kembali ke orang tua untuk melakukan kebiasaan positif agar anak-anak ikut meniru.

Bagi anak-anak berusia 4 tahun mereka akan lebih tertarik untuk melihat daripada mendengarkan. Maka cara untuk mengatasi anak nakal usia 4 tahun adalah dengan memberikan contoh nyata dan bukan sekedar perintah saja.

Misalnya ketika anak-anak baru saja bermain dan membuat mainan berantakan kemudian ditinggalkan begitu saja. Anda bisa memulai dengan memanggil kemudian mengajak untuk bersama-sama membersihkan dengan cara membagi tugas.


Cara Mengatasi Anak Nakal Usia 4 Tahun Mengajarkan Tentang Konsep Reward dan Hukuman Pada Anak

Cara Mengatasi Anak Nakal Usia 4 Tahun Paling Efektif

Secara umum seorang anak menjadi nakal ada sebabnya misalnya kurang perhatian, merasa bosan ataupun hal lainnya. Namun ada juga karena memang sifat dasar mereka yang sangat aktif sehingga harus ada aturan untuk mengendalikannya.

Salah satu cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun yang bisa dicoba adalah dengan membuat aturan tentang reward dan hukuman. Aturan ini harus disepakati antara papa, mama, anak-anak dan seluruh anggota keluarga yang ada.

Tujuannya agar ketika memang harus mendapatkan hukuman maka harus dijalani dan tidak ada bantuan dari anggota keluarga lain. Misalnya ketika berbelanja tidak boleh membeli mainan lebih dari satu jadi gunakan kesempatan satu mainan yang benar-benar disukai.

Jika berhasil memilih satu ketika sampai dirumah bisa memberikan reward berupa es krim atau makanan kesukaan lain. Namun ketika melanggar maka harus siap jika mendapatkan hukuman misalnya pengurangan uang jajan.

Orang tua harus konsisten tentang aturan yang disepakati bersama dan tidak mudah merubah sesukanya. Hal ini dapat mengajarkan kedisiplinan pada anak-anak sehingga kenakalannya dapat berkurang dengan sendirinya.

Buat hukuman yang tidak membuat anak-anak menjadi tertekan atau terlalu berat untuk dilakukan. Namun tetap memberikan pelajaran tentang konsekuensi atas segala kenakalan yang sudah dilakukan.

Untuk reward sendiri tidak harus yang mahal dan membuat orang tua keberatan karena akan sering diberikan. Jadi pertimbangkan cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun satu ini untu mendisiplinkan anak-anak melalui aturan.


Sounding dan Komunikasi Menjadi Kunci Penting Orang Tua dengan Anak 

Cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun yang bisa dicoba lainnya adalah dengan melakukan sounding sebelum tidur. Sounding yaitu memberikan arahan kepada anak sebelum tidur dengan kata-kata positif agar alam bawah sadarnya bisa menangkap.

Tujuan dari sounding ini adalah untuk merubah perilaku anak agar menjadi lebih positif dan bisa diarahkan. Sounding bukan sekedar membisikkan kata-kata positif namun interaksi sebelum tidur misal tentang kenakalan yang dilakukan seharian.

Ajak anak untuk intropeksi apakah yang dilakukan sudah benar atau bukan sehingga tahu kesalahannya dan beri cara untuk merubahnya. Jadi bukan sekedar disalahkan karena sudah nakal namun tidak memberi tahu apa yang seharusnya dilakukan.

Contoh cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun dengan sounding yaitu seharian mengajak anak-anak berjalan-jalan namun nangis ditengah keramaian karena minta sesuatu. 

Coba jelaskan kalau yang dilakukan tidak benar, dilihatin orang menjadi malu, uang mama kurang jadi tidak bisa beli jadi lain kali jangan begitu lagi.

Maka perubahan bukan dimulai dari anaknya namun dari orang tua itu sendiri untuk mencoba memberikan perhatian. Meluangkan waktu untuk mendengarkan apa yang diinginkan oleh anak tersebut tanpa menunggu dia membuat onar atau emosi.

Ajari anak berkomunikasi dengan baik dan sebagai orang tua juga harus konsisten mendengarkan ketika mereka sedang berbicara. Meskipun terkadang apa yang dibicarakan tidak jelas dan tidak penting namun usahakan Anda tetap mendengarkan.

Jika mereka merasa didengarkan pasti akan berusaha berbicara dengan baik dan menyampaikan apa yang diinginkan dengan lebih sopan.

Dalam proses membesarkan seorang anak bukan anaknya saja yang belajar namun orang tua juga belajar bersama. 

Dengan menggunakan cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun diatas diharapkan bukan anaknya saja yang berubah namun orang tua dalam memberikan pendidikan.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain