Contoh Kesan Pesan Perpisahan Santri Pondok Pesantren

Kesan pesan perpisahan santri adalah bagian penting dari acara perpisahan kelulusan di pondok pesantren. Berikut contoh kalimat perpisahannya.
Atarbiyah.com - Kesan pesan perpisahan santri adalah salah satu penyampaian penting yang selalu menjadi bagian dari acara perpisahan kelulusan di pondok pesantren. Masing-masing pihak akan saling menyampaikan pesannya, baik kakak kelas yang lulus, adik kelas, hingga ustadz dan ustadzah.

kumpulan pesan dan kesan singkat, kesan dan pesan untuk ustadz, kesan dan pesan orang tua untuk pesantren

Pada dasarnya, kesan merupakan impresi atau sesuatu yang dirasakan seseorang setelah melihat, mendengarkan, atau mengalami sesuatu. Adapun pesan merupakan suatu amanat atau nasihat dari seseorang agar penerima pesannya bisa menjadi lebih baik.

Terkadang, ada juga tambahan kesan dan pesan orang tua untuk pesantren sebagai rasa terima kasih kepada para ustadz telah mendidik anaknya selama hidup di pesantren tersebut. Itu sebabnya, momen perpisahan adalah momen yang sangat sakral saat kelulusan.

Contoh Kesan Pesan Perpisahan Santri Kepada Teman Adik Kelas, dan Guru yang Ditinggalkan

Pada momen kelulusan, para santri yang lulus tentu akan meninggalkan banyak pihak mulai dari sesama teman seperjuangan, adik kelas, hingga ustadz ustadzah di pondok mereka.  Umumnya, mereka mengawali penyampaiannya dengan shalawat serta salam.

Kemudian, penyampaian dilanjutkan dengan menyampaikan rasa terima kasih, kesannya selama menuntut ilmu, permintaan maaf, hingga pesannya kepada yang ditinggalkan. Berikut ini contoh beberapa kumpulan pesan dan kesan singkat yang bisa Anda sampaikan.

1. Kesan Pesan kepada Teman Seangkatan

Umumnya, pihak yang lulus akan menyampaikan kesannya selama menuntut ilmu bersama teman-teman, serta berpesan untk tidak saling melupakan meski sudah berpisah. Sebagai contoh, berikut kata-kata kesan pesan perpisahan santri kepada teman seangkatannya:

“Banyak hal tak terlupakan dan hal menyenangkan yang kami peroleh ketika menimba ilmu di pondok ini, baik ilmu agama maupun ilmu lainnya. Namun ilmu paling penting yang kami peroleh adalah ukhuwah islamiyah, sebab kami belajar tentang pentingnya persaudaraan.

Selama hidup bersama di pondok pesantren, kami menyadari bahwa pertemanan itu penting. Terima kasih sudah bersama-sama saling mendampingi di kala suka maupun duka. Meskipun nanti kita berpisah, saya berharap semoga jalinan ukhuwah islamiyah kita terus terjaga.”

2. Kesan Pesan kepada Adik Kelas

Sedikit berbeda dengan penyampaian kepada sesama teman angkatan, umumnya penyampaian kepada adik kelas lebih banyak berisi amanat atau nasihat agar mereka bisa lebih baik. Berikut contoh kata-kata kesan pesan perpisahan santri kepada adik kelasnya:

“Selain bertemu teman-teman seperjuangan di angkatan yang sama, kami juga bersyukur dipertemukan bersama teman-teman sekaligus adik yang akan segera menggantikan posisi kami. Terima kasih sudah mengajarkan kami, para kakak kelas, cara menjadi imam yang baik.

Bersama kalian, kami menyadari pentingnya peran kakak kelas sebagai orang yang lebih tua untuk mengayomi adik-adiknya. Jadi, kami berpesan, jagalah adik-adik kelas kalian selanjutnya, serta selalu hormati para ustadz maupun ustadzah sebagaimana orang tua kita.”

3. Kesan Pesan kepada Guru (Ustadz dan Ustadzah)

Selanjutnya, ada pula kesan pesan perpisahan santri kepada ustadz dan ustadzah sebagai guru sekaligus pengganti sosok orang tua selama berada di pondok pesantren. Biasanya, kesannya lebih banyak dipenuhi oleh rasa terima kasih mendalam, seperti contoh berikut:

“Sangat menyenangkan bisa menuntut ilmu di sini, didukung oleh fasilitas lengkap serta ustadz maupun ustadzah yang senantiasa sabar mendidik. Beribu ungkapan terima kasih tidak akan cukup menyampaikan kesan dan pesan untuk ustadz dan ustadzah yang berjasa.

Selain berperan sebagai guru, ustadz dan ustadzah sekalian juga selalu ramah dan penuh kasih sayang dalam menggantikan peran orang tua kami. Mohon maaf jika selama ini kami banyak menyulitkan, semoga bapak ibu ustadz-ustadzah senantiasa diberi rezeki oleh Allah.”

Contoh Kesan Pesan Perpisahan Santri dan Guru Kepada Kakak Kelas yang Meninggalkan

Pada momen kelulusan, para pihak yang ditinggalkan seperti adik kelas serta para guru (ustadz maupun ustadzah) juga akan turut memberikan amanat beserta kesannya. Masing-masing tentu disertai dengan doa atau harapan agar santrinya menjadi semakin baik.

1. Kesan Pesan dari Adik Kelas

Selain dari kakak kelas yang meninggalkan sekolahnya, terdapat pula penyampaian kesan pesan perpisahan santri dari adik kelas kepada kakak kelasnya. Biasanya, hanya ditunjuk satu orang saja dari kelas 1 atau 2 sebagai perwakilan, dengan contoh sebagai berikut:

“Terima kasih banyak atas segala kenangan yang sudah kita lalui. Terima kasih sudah menjaga sekaligus mengayomi. Perpisahan ini memang berat, meskipun kami masih mengharapkan bimbingan kalian, tapi semoga kami juga mampu meneladani kalian sebagai kakak.

Segala amanat dari kalian akan kami jadikan sebagai motivasi untuk selalu semangat menuntut ilmu serta memperbaiki akhlak. Adapun pesan dari kami, semoga jalan kalian senantiasa dipermudah oleh Allah SWT, dan semua berhasil meraih cita-cita sesuai impian.”

2. Kesan Pesan dari Ustadz dan Ustadzah

Selain kesan pesan perpisahan santri, ada pula amanat dari pihak ustadz maupun ustadzah yang ditinggalkan. Biasanya para ustadz serta ustadzah akan menyampaikan rasa harunya ditinggalkan oleh murid, serta menyampaikan doa semoga berhasil meraih cita-cita, contoh:

“Hari ini, kami sebagai guru sekaligus orang tua kalian merasa sangat kehilangan. Hari ini pula, kami menjadi saksi bahwa kalian telah resmi menjadi alumni keluarga besar madrasah sekaligus pondok pesantren tercinta kita ini.

Dengan perpisahan ini, kami berharap semoga seluruh ilmu yang sudah kalian terima dapat bermanfaat bagi kehidupan, baik di dunia maupun akhirat. Akhir kata, semoga kalian semua mampu mencapai cita-cita yang diimpikan, serta terus menjalin erat ukhuwah islamiyah.”

Manfaat Penyampaian Kesan dan Pesan Saat Acara Perpisahan

Kesan pesan perpisahan santri saat acara kelulusan pondok pesantren ataupun madrasah memang sangat penting. Melalui momen ini, para santri bisa saling bertukar amanat serta rasa terima kasih. Adapun manfaat lainnya dari penyampaian ini adalah sebagai berikut:

  1. Mempererat ikatan persaudaraan santri sebagai keluarga besar pondok pesantren, sehingga diharapkan jalinan ukhuwah islamiyah akan terus terjalin meski sudah berpisah.
  2. Sebagai motivasi bagi adik kelas yang ditinggalkan agar mampu mencapai prestasi sebagaimana kakak kelasnya.
  3. Sebagai sumber semangat bagi adik kelas yang ditinggalkan agar mampu menjadi sosok suri teladan bagi adik kelas mereka selanjutnya.
  4. Sebagai momen untuk mengapresiasi serta berterima kasih kepada para guru (ustadz maupun ustadzah) yang telah sabar mendidik serta mengayomi murid-muridnya selama berstatus sebagai santri.

Dalam setiap pertemuan tentulah akan ada perpisahan, sehingga dibutuhkan keikhlasan untuk menghadapi perpisahan tersebut dengan hati lapang. Agar momen perpisahan semakin sakral, kata-kata kesan pesan perpisahan santri sangat penting untuk disampaikan.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain