Cara Mengatasi Anak GTM Karena Tumbuh Gigi

Ikuti beberapa cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi yang bisa diterapkan oleh para ibu secara sederhana.
Cara Mengatasi Anak GTM Karena Tumbuh Gigi

Cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi tidak harus langsung memberikan obat untuk meredakan sakitnya. Namun Anda dapat menggunakan cara-cara sederhana untuk mengatasi permasalahan GTM yang memang sangat merepotkan.

Apalagi jika baru pertama kali menjadi seorang ibu tentu akan merasa panik jika melihat anak tidak mau makan. Bahkan ada juga yang sampai demam karena efek dari rasa nyeri dari tumbuhnya gigi tersebut.

Maka ibu harus mengetahui berbagai hal tentang GTM dan bagaimana cara mengatasinya. Agar tidak menjadi panik dan bisa melewati fase ini dengan lebih tenang sehingga anak-anak bisa berkembang dengan baik.


Apa itu GTM dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan?

Sebelumnya perlu diketahui GTM merupakan Gerakan Tutup Mulut yang membuat anak tidak mau makan. Salah satu penyebabnya yaitu karena sedang mengalami tumbuh gigi sehingga merasakan nyeri saat dibuat makan.

Keadaan ini terkadang membuat orang tua merasa pusing karena kesulitan memberikan makanan kepada anak. Hal ini dapat membuat balita mengalami kekurangan nutrisi akibat tidak ada makanan yang masuk.

Sehingga dibutuhkan cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi yang dapat membantu ibu keluar dari permasalahan ini. GTM sendiri memiliki pengaruh terhadap perkembangan si kecil karena nutrisi yang ada pada tubuh menjadi kurang terpenuhi.

Padahal selama masa pertumbuhan bagi balita, nutrisi sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai perkembangan fisik maupun mental. Jika anak-anak merasa lapar karena tidak mau makan apapun tentu akan semakin rewel.

Hal ini dapat menyebabkan keadaan menjadi semakin buruk dan berpengaruh pada kesehatan lainnya. Jadi jangan abaikan adanya GTM serta harus segera diatasi agar tidak berkelanjutan.


3 Cara Mengatasi Anak GTM Karena Tumbuh Gigi

Cara Mengatasi Anak GTM Karena Tumbuh Gigi

Maka untuk membantu Anda sebaiknya gunakan 3 cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi berikut ini.

1. Makan Sedikit Namun Sering

Cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi pertama yaitu dengan memberikan makanan sedikit demi sedikit. Berikan porsi kecil namun sesering mungkin misalnya sehari biasa makan 3x menjadi 5x meskipun hanya sedikit yang masuk.

Cara ini diharapkan dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi pada anak meskipun sedang GTM. Mengingat ada rasa sakit karena giginya tumbuh maka dengan makan sedikit demi sedikit jauh lebih baik.

2. Berikan Makanan Lunak yang Disukai Anak

Tidak hanya memberikan makan sesering mungkin namun makanan tersebut harus diperhatikan teksturnya. Salah satu cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi yaitu dengan memberikan makanan dengan tekstur lunak.

Tujuannya agar tidak perlu banyak mengunyah sehingga tidak membuat gigi bekerja lebih keras. Sehingga makanan akan mudah ditelan meskipun tidak terlalu banyak mengunyah dan lebih cepat makannya.

3. Kurangi Camilan 

Cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi yang bisa dicoba lainnya adalah dengan mengurangi camilan. Memberikan camilan disela jam makan memang direkomendasikan dan dianjurkan kepada para ibu namun pada keadaan normal.

Saat sedang GTM sebaiknya pemberian camilan dikurangi saja agar anak merasa lapar dan mau makan. Pengurangan camilan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan anak karena setiap anak bisa saja berbeda.

Jika anak terus menerus diberikan camilan ketika GTM takutnya menjadi kebiasaan dan tidak menyukai makanan. Hal ini tentu akan merepotkan orang tua dalam jangka panjang jadi gunakan cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi satu ini.


Suasana Nyaman Saat Makan Menjadi Momen Paling Dinantikan

Ketika gigi sedang tumbuh memang membuat rasa tidak nyaman bahkan cenderung sakit pada mulut. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja ketika sakit gigi pasti akan merasakan sakit luar biasa dan tidak nafsu makan.

Maka jangan heran ketika sedang GTM anak-anak menjadi sulit makan bahkan akan menolak saat diberikan. Sebagai orang tua ketika menghadapi masa-masa ini tentu harus lebih sabar dan memutar otak untuk mengatasinya.

Jika dimarahi terus menerus bukan membuat anak-anak menjadi mau tetapi malah semakin membuat stres. Karena rasa sakit dan tekanan yang diberikan membuat keadaan akan semakin buruk sehingga ketika waktu makan menjadi takut.

Salah satu cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi yaitu dengan membuat suasana makan menjadi menyenangkan. Selama masa ini tidak harus duduk dimeja makan namun bisa sambil bermain di taman.

Bisa juga makan sambil mengajak anak-anak bercerita bersama agar melupakan sejenak rasa sakit pada giginya. Dengan begitu makanan bisa masuk dan anak tidak menjadi stres saat akan makan.


Konsultasikan ke Dokter Jika GTM Terus Berlanjut

Jika beberapa cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi diatas tidak berhasil juga maka berikan obat untuk meredakan nyeri. Rasa nyeri yang timbul akibat tumbuhnya gigi memang tidak bisa disembuhkan secara instan namun bisa diredakan.

Sebenarnya jika dibiarkan saja maka saat gigi sudah tumbuh rasa nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun jika kondisi ini berlangsung lebih lama dari biasanya maka memberikan obat pereda nyeri menjadi solusi terbaik.

Berikan obat yang sesuai dengan anjuran dokter atau bisa membeli obat di apotek khusus untuk balita. Berikan sesuai petunjuk atau resep yang tersedia dan jika sudah mereda sebaiknya jangan diberikan lagi.

Biasanya proses tumbuh gigi pada balita tidak membutuhkan waktu lama sehingga fase ini tidak berkepanjangan. Anda hanya perlu bersabar pada saat jam makan karena memang menguras kesabaran dan energi.

Menggunakan berbagai cara untuk bisa mengatasi GTM selama fase tumbuh gigi memang diperlukan oleh para ibu. Diharapkan dengan cara mengatasi anak GTM karena tumbuh gigi tersebut membuat anak tetap tercukupi nutrisinya.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain