Tips Memilih Susu Formula untuk Anak 1 Tahun

Menggunakan tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun memudahkan dalam pemilihan produk susu yang sesuai kebutuhan dan sesuai selera anak.
Tips Memilih Susu Formula untuk Anak

Tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun terkadang dibutuhkan oleh orang tua yang kesulitan menentukan pilihan. Anak memasuki usia 1 tahun biasanya memiliki rasa penasaran tinggi dan sangat aktif sehingga membutuhkan lebih banyak nutrisi.

Pemberian susu formula diharapkan bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi pada balita sebagai penunjang aktivitasnya. Namun saat ini ada banyak produk yang menawarkan keunggulan masing-masing sehingga kesulitan menentukan pilihan.

Hal ini sangat wajar karena dalam menentukan pilihan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan orang tua. Bukan sekedar nutrisinya lengkap namun juga memperhatikan rasa, risiko alergi dan masih banyak lain.

Maka untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan gunakan tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun. Dari tips tersebut tentunya akan semakin memudahkan memilih dari banyaknya produk yang ada saat ini.


Tips Memilih Susu Formula untuk Anak 1 Tahun 

Tips Memilih Susu Formula untuk Anak 1 Tahun

Dua hal utama yang perlu diperhatikan saat memilihkan produk susu untuk anak-anak berusia satu tahun.

1. Perhatikan jenis 

Sebagai orang tua tentu harus memperhatikan jenis susu formula apa yang akan diberikan kepada anak. Karena setiap jenisnya memiliki kandungan berbeda sehingga harus benar-benar diperhatikan.

Perlu diketahui setiap produk susu menggunakan protein yang berbeda ada yang memakai protein jenis whey, jenis casein bahkan menggabungkan keduanya.

Maka tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun paling utama adalah jenis dan kandungan susunya. Jika diberikan untuk bayi yang masih berusia dibawah 1 tahun sangat direkomendasikan menggunakan susu dengan protein jenis whey.

Alasannya karena akan sangat mudah dicerna sehingga pencernaan di kecil akan lebih mudah menerima dibandingkan casein. Jika memang menggunakan keduanya maka rasio perbandingannya harus lebih banyak yang whey sekitar 60:40.

Dengan menggunakan rasio tersebut maka setara dengan kandungan protein pada ASI. Jika ingin mengajarkan balita menjadi vegetarian sedari kecil maka bisa menggunakan susu soya.

2. Kandungan nutrisi 

Jangan lupa untuk rajin membaca label nutrisi pada setiap kemasan susu yang akan Anda pilih. Dari label nutrisi tersebut dapat diketahui apa saja kandungan nutrisi didalamnya sehingga bisa sesuai kebutuhan anak.

Nutrisi yang baik adalah cukup bukan berlebihan ataupun kurang jadi pahami hal ini secara bijak. Pada umumnya anak berusia 1 tahun membutuhkan lebih banyak zat besi untuk mencegah risiko anemia.

Namun semua itu harus dikonsultasikan dengan dokter untuk mendukung tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun. Sehingga pilihan Anda menjadi tepat dan dapat mendukung tumbuh kembang balita.


Penting Menyesuaikan Usia dan Kondisi Pada Masing-Masing Anak

Tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun sebenarnya sangat sederhana yaitu dengan menyesuaikan usia serta kondisi anak.

Setiap produk susu formula terdapat informasi usia sehingga bisa disesuaikan dengan usia anak Anda. Seorang ibu harus jeli dalam hal ini agar tidak salah memberikan susu yang tidak sesuai dengan usia anak.

Misalnya tertulis untuk anak usia 3 tahun keatas maka jangan memberikannya untuk balita. Hal ini dapat menyebabkan risiko karena kandungan didalam susunya jelas berbeda pada setiap tingkatan usia.

Selain itu jangan lupa untuk mempertimbangkan bagaimana kondisi anak agar tidak menyebabkan berbagai risiko berbahaya. 

Misalnya memiliki intoleransi laktosa sehingga pada kondisi tersebut tidak bisa diberikan susu dengan bahan dasar susu sapi pada umumnya. 

Contoh gejala akibat alergi yaitu adanya ruam merah pada tubuh, muntah, diare sehingga jangan dilanjutkan pemberian susunya.

Ada juga anak yang memiliki riwayat alergi kacang-kacangan sebaiknya jangan diberikan susu dengan kandungan kedelai. Jadi orang tua harus benar-benar mengenali kondisi anaknya agar tidak kesulitan dalam menentukan pilihan susunya.

Jika Anda belum mengetahui bagaimana kondisi anak terkait pemilihan susunya maka dapat berkonsultasi dengan dokter. Dari konsultasi tersebut sebenarnya tidak hanya memudahkan dalam memilih susunya saja namun terkait tumbuh kembang anak.


Berbagai Pilihan Rasa Susu yang Bisa Disesuaikan dengan Favorit Anak-Anak

Perlu diperhatikan tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun terakhir yaitu tentang pilihan rasa susu. Sebagai orang tua tentu harus memahami betul apa yang disukai dan tidak disukai oleh anak-anak.

Apalagi nantinya susu tersebut akan menjadi minuman sehari-hari bahkan dalam satu hari bisa habis beberapa gelas. Bahkan menjadi sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Jika anak-anak tidak menyukai susunya tentu akan sangat merepotkan bagi orang tua dan menjadi terbuang sia-sia. Maka harus diketahui dengan baik apa rasa yang disukai oleh anak-anak agar bisa diminum sampai habis.

Saat ini ada banyak pilihan rasa meskipun untuk balita seperti rasa coklat, vanila, madu dan lainnya. Jika Anda belum mengetahui rasa apa yang disukai si kecil maka bisa membeli kemasan kecil dulu.

Dari situ bisa diamati rasa apa yang paling disukai sehingga memudahkan dalam menentukan pilihan rasa. Jika anak sudah bisa berbicara dan menentukan pilihan rasanya tentu akan semakin mudah bagi orang tua.


Risiko Jika Tidak Memperhatikan Tanggal Kadaluwarsa Susu

Terkadang banyak orang tua tidak memperhatikan soal tanggal kadaluwarsa karena terlalu fokus pada kandungan nutrisi. Padahal kesalahan kecil akibat tidak melihat tanggal kadaluwarsa dapat menyebabkan risiko berbahaya.

Maka tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun paling sederhana yaitu selalu jeli dalam mengecek tanggal kadaluwarsanya. Pastikan Anda meluangkan waktu agar tidak keliru dalam melihat tanggalnya.

Apalagi susu tersebut tidak mungkin langsung habis dalam satu waktu dan terkadang dibiarkan disimpan terlebih dahulu. Jadi jangan sampai Anda memberikan susu yang sudah terlewat tanggal kadaluwarsanya.

Cari informasi batas waktu berapa lama susu boleh digunakan setelah kemasannya dibuka. Jika memang sudah lama dibiarkan terbuka dan tidak diminum akan lebih baik jika dibuang saja.

Menggunakan beberapa tips tersebut akan membantu Anda menemukan produk susu yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan anak. Jadi gunakan tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun tersebut yang tidak terlalu sulit untuk diikuti.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain