Ciri Ciri Balita yang Mau Punya Adik, Wajib Tahu!

5 ciri ciri balita yang mau punya adik agar bisa mengambil keputusan secara tepat untuk memiliki anak lagi.
Ciri Ciri Balita yang Mau Punya Adik

Atarbiyah
- Membahas tentang ciri ciri balita yang mau punya adik memang sangat menarik bagi semua orang. Banyak orang tua kesulitan dalam mengambil keputusan karena sebagian besar balita masih membutuhkan banyak perhatian.

Ada berbagai rasa takut dan khawatir sebagai orang tua jika harus memiliki anak lagi sementara kakak masih balita. Takut tidak mampu mengurus dengan baik, takut tidak bisa adil membagi kasih sayang dan lainnya.

Hal ini sangat wajar namun sebenarnya ada banyak balita yang justru siap memiliki adik dan bahkan memintanya. Setiap anak memiliki ketertarikan berbeda jadi sebagai orang tua harus memahami hal ini sebelum memutuskan memiliki anak lagi atau tidak.

Dengan mengambil keputusan tepat maka orang tua menjadi lebih siap untuk membesarkan kedua buah hatinya. Kakak tidak akan kekurangan kasih sayang dan adik juga bisa terurus dengan baik.


Kapan Seorang Balita Dikatakan Siap Memiliki Adik

Terkadang sebagai orang tua merasa bingung kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak lagi. Apalagi jika sang kakak masih berusia balita maka harus benar-benar dipertimbangkan dari segi waktunya.

Jika diperhatikan ketika anak merasa nyaman untuk bermain dan menghabiskan waktu sendiri. Meskipun tidak didampingi atau tidak ditemani bermain namun sudah merasa nyaman ketika bermain sendiri menjadi sebuah ciri ciri balita yang mau punya adik.

Tidak lagi menjadi rewel ketika ditinggal untuk membersihkan rumah atau mencuci baju. Bahkan anak juga tidak akan merasa terganggu dengan kesendiriannya meskipun tanpa diawasi orang tua.

Jika sudah mampu bermain sendiri maka akan sangat membantu mama memiliki waktu mengurus adik. Namun jika masih tergantung dengan orang tua atau teman lain saat bermain sebaiknya tunda dulu. 


Ciri Ciri Balita yang Mau Punya Adik

Ada beberapa ciri mendasar yang dapat dijadikan referensi ketika ingin memberikan adik buat kakak meskipun masih balita.

1. Tertarik dengan Anak Kecil

Tahukah Anda salah satu ciri ciri balita yang mau punya adik sangat menarik yaitu tentang ketertarikan anak tersebut. Mereka akan sering menanyakan tentang adik dan menunjukkan rasa ketertarikannya.

Misalnya teman-temannya punya banyak saudara, sementara dia sendiri masih menjadi anak tunggal. Misal juga sudah memiliki kakak tetapi merasa tidak nyaman karena ingin teman baru lagi untuk bermain.

Jika anak terus menerus menanyakan kapan punya adiknya maka menjadi kesempatan baik buat Anda. Sekalian menanyakan ingin memiliki saudara laki-laki atau perempuan untuk memancing ketertarikannya.

Tanyakan juga hal-hal lainnya tentang adik misalnya bagaimana jika nantinya punya adik apakah siap atau tidak. Jelaskan singkat gambaran tentang memiliki adik agar Anda dapat mengetahui apakah bisa menerima atau tidak.

Dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu sebenarnya bisa dengan mudah menemukan jawaban dari ciri-cirinya. Anda dapat menyimpulkan sendiri nantinya kemudian bandingkan dengan ketertarikan anak lainnya.

2. Sudah Mandiri Sesuai usia

Jika ciri ciri balita yang mau punya adik pertama sudah ada pada anak Anda maka mari lanjut ciri kedua. Cirinya yaitu anak sudah mandiri sesuai dengan tingkat usianya jadi jangan bandingkan mandiri seperti orang dewasa.

Tingkat kemandirian harus sesuai dengan tingkat usia jadi hal ini dapat membantu memudahkan mengurus diri sendiri. Misalnya untuk anak usia 4 tahun sudah bisa makan sendiri, lolos toilet training maupun mampu menerima perintah sederhana.

Jika anak sudah memiliki kemandirian seperti ini tentu saja akan memudahkan orang tua ketika memiliki adik nantinya. Jangan sampai saat anak belum mandiri sudah ada adiknya tentu akan sangat kerepotan.

Karena Anda harus mengurus bayi dan kakaknya yang masih belum bisa makan sendiri sehingga harus disuapi. Kerepotan karena belum bisa membereskan mainan setelah selesai bermain dan masih banyak contohnya.

Cara sederhana untuk mengetahui ciri ciri balita yang mau punya adik dari segi kemandirian maka bisa dilakukan latihan mandiri. Contoh latihan membersihkan mainan, latihan makan sendiri, toilet training dan berbagai tugas sederhana lain.


Ciri-Ciri Lainnya Balita yang Memang Ingin Memiliki Adik

Ciri-Ciri Lainnya Balita yang Memang Ingin Memiliki Adik

Masih ada ciri lainnya yang akan memudahkan Anda mengetahui kalau memang benar-benar menginginkan seorang adik.

1. Terus Mengeluh Tidak Memiliki Teman

Ciri ciri balita yang mau punya adik ketiga yaitu terus menerus mengeluh tidak memiliki teman. Meskipun sudah ada banyak teman yang bisa diajak bermain bersama tentu saja hanya menjadi alasan saja.

Anda bisa menawarkan beberapa nama teman untuk diajak bermain bersama sebagai uji coba. Jika masih tidak tertarik untuk bermain bersama orang lain namun masih mengeluh tidak punya teman maka kemungkinan menginginkan adik.

Namun hal sangat penting sebagai orang tua yaitu memiliki anak lagi jangan dijadikan sebagai alasan untuk menjadi teman untuk kakak saja. Karena adik juga memiliki hak untuk bermain sendiri dan menikmati dunianya sendiri.

2. Sangat Mudah Beradaptasi

Jika diperhatikan ciri ciri balita yang mau punya adik lainnya yaitu meningkatnya kemampuan adaptasi. Anak akan menjadi lebih mudah beradaptasi dengan sendirinya tanpa adanya paksaan atau tekanan dari orang lain.

Contoh sederhana jika biasanya sekolah diantar oleh mama maka akan dengan senang hati menerima jika diantar ayah. Misal juga jika biasanya makan harus disuapi mulai berminat untuk makan sendiri dengan tenang.

Jika tanda-tanda seperti ini sudah ada maka tidak masalah jika memberikan adik bagi balita. Kemampuan adaptasi seperti ini akan memudahkan anak serta orang tua menerima adanya anggota keluarga baru.

Memberikan adik pada balita memang bukan keputusan mudah karena memiliki risiko tinggi akan kesiapan anak. Namun dengan memperhatikan ciri ciri balita yang mau punya adik akan lebih mudah bagi Anda dalam membuat keputusan secara tepat.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain