Bagaimana Tips Agar Bayi Mau Minum Asi Banyak?

apakah Anda salah satu orang yang mencari tips agar bayi mau minum susu asi banyak simak saja pembahasan berikut ini agar memperoleh insight tepat.
Bagaimana Tips Agar Bayi Mau Minum Asi Banyak

Belakangan ini banyak calon atau ibu muda mencari tips agar bayi mau minum asi banyak. Sebelum masuk lebih jauh, ada sebuah pertanyaan berapa sebenarnya kategori banyak tersebut.

Karena pasti orang awam sering merasa bingung bahkan tidak tahu definisi banyak dalam konteks ini seperti apa. Sehingga hasilnya jika kita cari di internet adalah artikel berisi informasi cukup absurd bahkan lebih parah lagi misleading.

Agar tidak menjadi sebuah misinformasi kami sudah merangkum beberapa materi sekaligus insight yang dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga bagi mereka yang ingin mencari literasi dapat memperoleh informasi secara kredibel.

Ingat bahwa infant adalah makhluk yang cukup tinggi risiko kematiannya jika salah urus. Jangan sampai menjadi orang tua lalai hanya karena terlalu banyak menggelonggong bayi dengan asi atau susu formula.


Tips Agar Bayi Mau Minum Asi Banyak Jika Menolak

Disclaimer, hanya gunakan tips ini apabila memang bayi menolak minum asi saat diberikan oleh ibunya. Menolak disini bukan berarti infant memang tidak mau sama sekali namun mereka masih minum susu ibu namun intensitasnya di bawah normal.

1. Biasakan interaksi kulit ke kulit antara ibu dan bayinya 

Salah satu alasan mengapa bayinya kurang berselera untuk meminum susu ibunya adalah kurangnya kenyamanan. Mungkin bayinya memang belum terbiasa dengan sentuhan kulit ibunya sendiri.

Salah satu tips agar bayi mau minum asi banyak adalah dengan meluangkan waktu lebih lama bersama buah hati. Jadi antara ibu dan anaknya akan terjadi bonding lebih baik dan infant menjadi nyaman saat berinteraksi.

2. Memberikan rangsangan yang lembut 

Dengan memberikan rangsangan lembut seperti suara atau belaian ini akan membuat bayinya menjadi lebih nyaman. Pada saat dia sudah merasa nyaman tentu keraguan untuk mencari susu ibu menjadi berkurang.

Ingat bahwa mereka adalah makhluk yang cukup sensitif terhadap lingkungan sekitarnya. Jadi misalnya ada yang tidak beres pasti itu akan segera mempengaruhi naluri makannya.

Ini adalah tips agar bayi mau minum asi banyak apabila intensitas makan mereka memang terlalu sedikit. Namun jika intensitasnya masih normal dan Anda hanya memaksa, lebih baik lupakan.

3. Menyusui dalam kondisi santai 

Salah satu langkah paling mudah untuk merangsang buah hati mau menyusu jika sudah waktunya adalah dengan bersantai. Anda bisa rebahan santai bersama buah hati agar mereka jadi ikut merasa nyaman.

Seperti tips agar bayi mau minum asi banyak sebelumnya kenyamanan adalah faktor utama. Jika memang sudah waktunya dan bayinya nyaman jelas mereka akan mencari payudara untuk meminum susu ibunya.

Ketiga tips tersebut tentu dapat digunakan apabila si kecil memang sudah waktunya menyusui. Jika mereka sudah kenyang pasti akan melepaskan payudara ibunya sendiri, jadi tenang saja.


Berapa Sebenarnya Kebutuhan Asi untuk Bayi

Bagaimana Tips Agar Bayi Mau Minum Asi Banyak

Selain mengetahui tips agar bayi mau minum asi banyak menurut kami informasi tentang kebutuhan konsumsi akan jauh lebih penting. Pasti Anda penasaran sebenarnya berapa banyak kebutuhan bagi si kecil.

  • Usia 1 hari 7 ml
  • Usia 2 hari 14 ml
  • Usia 3 hari 38 ml
  • Usia 4 hari 58 ml
  • Usia 5 hari 65 ml

Itu adalah kebutuhan buah hati setiap kali menyusu jadi pastikan mengingat jumlahnya. Jika tidak tahu kami berikan hitungan agar lebih mudah 7 ml itu sekitar satu sendok teh, jangan sampai salah.

Jadi jangan pernah khawatir tentang banyak atau tidaknya konsumsi air susu ibu oleh buah hati. Karena kebutuhan konsumsi mereka pada bulan pertama memang pada dasarnya masih relatif sedikit.

Belum perlu kita bingung mencari tips agar bayi mau minum asi banyak yang ada nantinya justru mengganggu naluri makan. Intensitas menyusu si buah hati juga perlu Anda ketahui agar tidak sampai salah urus.

Pada bulan pertama intensitas menyusui si kecil antara 8 sampai 12 kali dalam 24 jam. Intensitas tersebut nantinya akan mulai turun setelah bulan pertama yaitu antara bulan 1 dan 2.

Pada bulan 1 sampai 2 intensitasnya akan menurun menjadi 7 - 9 kali saja dalam 24 jam. Jadi jangan bingung dulu mengapa mereka tidak mau makan, siapa tahu memang intensitas menyusunya memang waktunya turun.

Dengan mengetahui informasi itu tadi tentu Anda tidak perlu harus panik mencari tips agar bayi mau minum asi banyak. Ingat bahwa naluri makan si kecil itu mereka sendiri yang menyadarinya orang tua hanya melakukan kontrol secara makro saja.


Alasan Mengapa Bayi Menolak Minum Asi Ibunya

Bagi ibu-ibu atau mertua yang masih panik berikut ini kami jelaskan mengapa ada beberapa bayi yang menolak minum asi ibunya. Menolak disini bukan tidak mau sama sekali namun seperti kurang nyaman jika harus terus menyusu.

1. Naluri makan si kecil memang berbeda 

Ingat bahwa infant memiliki naluri makan yang jelas berbeda dengan orang dewasa. Apabila Anda bukan orang yang berkecimpung dalam dunia medis jangan sampai berspekulasi masalah naluri makan ini.

Banyak sedikitnya makanan dibutuhkan oleh infant jelas tergantung bagaimana kebutuhan mereka sendiri. Jika lapar bayinya akan mencari susu ibu secara mandiri dengan mulai mencari payudara.

Sebagai orang tua Anda tidak perlu tips agar bayi mau minum asi banyak jika kondisinya seperti ini. Apabila tidak yakin lebih baik konsultasikan pada dokter spesialis anak, bukan orang lain.

2. Belum menemukan kenyamanan pada lingkungan dia berada 

Terkadang ketika situasi terlalu ramai, banyak orang asing, atau bahkan saat ibunya menggunakan baju baru. Si kecil nafsu makannya bisa menjadi turun seketika dan seperti tidak mau menyusu.

Ingat bahwa kunci seorang anak mau menyusu adalah ketika mereka sudah menemukan kenyamanan. Saat lingkungan sekitarnya nyaman dan familiar dengan ibunya jelas mereka akan meminum asi secara lebih pas.

Sekali lagi jika Anda menemukan keraguan langsung saja konsultasikan pada dokter spesialis anak. Itu akan lebih bijak dibandingkan mencari artikel tips agar bayi mau minum asi banyak seperti ini.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain