5 Tips Budidaya Anggur yang Efektif untuk Membuat Tanaman Anda Cepat Berbuah

Cara budidaya anggur agar cepat berbuah tidaklah sulit untuk dilakukan. Tanaman buah satu ini kini tidak hanya dibudidayakan di dataran tinggi saja.
Tips Budidaya Anggur

Cara budidaya anggur agar cepat berbuah tidaklah sulit. Tanaman buah satu ini kini tidak hanya dibudidayakan di dataran tinggi saja, namun banyak juga ditanam di dataran rendah. Bahkan merupakan tabulampot yang populer.

Pada budidaya standar, waktu untuk berbuah tanaman anggur bisa mencapai 2 hingga 7 tahun tergantung varietas. Ini jika ditanam dari benih atau biji yang disemai. Tapi kini sudah lebih mudah sebab ada cara mudah agar bisa berbuah dengan waktu lebih singkat.

Persiapan Awal Cara Budidaya Anggur agar Cepat Berbuah 

Cara Budidaya Anggur agar Cepat Berbuah

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam cara budidaya anggur supaya cepat berbuah adalah syarat lingkungan untuk tumbuh. Baik untuk pembibitan maupun penanaman. Berikut yang harus dilakukan agar pertumbuhan dapat optimal.

1. Syarat Tumbuh Ideal

Lingkungan ideal untuk tumbuh adalah dataran dengan ketinggian 25-300 m dpl. Suhu optimalnya 25-310 C, kelembaban udara 75-80 %, intensitas penyinaran sebanyak 50%–80% curah hujan 800 mm/tahun dan 3-4 bulan kering, pH tanah 6, bertekstur liat berpasir.

2. Persiapan Media Semai

Media sebagai lingkungan tempat tumbuh juga harus disiapkan untuk mempermudah penyemaian baik dari biji (generatif) maupun stek (vegetatif). 
  1. Siapkan wadah nampan setinggi 5-10 cm
  2. Masukkan tanah gembur, liat berpasir setinggi 3 cm
  3. Taburkan pupuk organik
  4. Sirami hingga basah, tidak menggenang
  5. Tunggu beberapa hari sebelum digunakan untuk persemaian

3. Persiapan Media Tanam

Cara budidaya anggur agar cepat berbuah selanjutnya adalah media tanam yang optimal. Prinsipnya menyesuaikan dengan syarat tumbuh. Apabila tanah belum menunjang, maka perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu.
  1. Cangkuli tanah untuk membalik, menggemburkan, dan menghilangkan penyakit dengan bantuan sinar matahari.
  2. Buat bedengan disesuaikan dengan kondisi lahan.
  3. Buat lubang tanam ukuran 60x60x50 cm, jarak tanam 3 x 3 m atau 5 x 4 m.
  4. Buat saluran di sekitar bedengan, agar air tidak menggenang.
  5. Cara budidaya anggur agar cepat berbuah kemudian adalah beri pemupukan awal.
  6. Sirami hingga basah dan lembab.


Inilah Proses Pembibitan serta Penanaman 

Cara Budidaya Anggur agar Cepat Berbuah

Agar tanaman anggur tumbuh subur maka proses pembibitannya harus tepat. Kualitas bibit bagus akan menghasilkan pertumbuhan optimal sampai menghasilkan. Apabila bibit (generatif) didapat dari biji maka perlu dipastikan dari varietas berkualitas.

1. Pembibitan dari biji

Pilih dari buah matang sempurna, keluarkan bijinya kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering, rendam dalam larutan bernutrisi selama 30 menit. Pindahkan ke media persemaian, usahakan mendapat cukup kelembaban dan sedikit sinar matahari.

2. Pembibitan dari batang tanaman

Pembibitan bisa juga dilakukan secara vegetatif menggunakan bagian tubuh tanaman. Di antaranya melalui teknik cangkok, stek, okulasi dan sebagainya. Pembibitan ini lebih praktis, sifat tanaman sama dengan induk.

Cara menanam anggur dari batang dimulai dari pemilihan induk. Minimal sudah berusia 1 tahun, tidak memiliki ciri gangguan penyakit dan hama. Pembibitan bisa dilakukan secara stek yaitu mengambil bagian batang tanaman induk. 
  1. Pilih dan potong cabang sepanjang 15 cm dari pohon indukan anggur berkualitas.
  2. Buat larutan untuk perendaman berisi nutrisi.
  3. Rendam cabang ke dalam larutan Pupuk Organik selama 30 menit.
  4. Tancapkan cabang anggur tersebut ke dalam media semai yang sudah dibuat sesuai cara budidaya anggur agar cepat berbuah yaitu sedalam 5 cm.
  5. Letakkan bibit semaian di tempat teduh.
  6. Sirami dengan air minimal sehari sekali.
  7. Tunas akan muncul setelah 1-2 minggu.

3. Penanaman 

Bagaimana cara menanam anggur yang baik? Setelah persemaian muncul tunas, perakaran kuat minimal 5 cm, bibit siap pindah tanam. Waktu pemindahan yang baik adalah akhir musim hujan antara bulan April-Juni.
  • Cabut bibit dari persemaian
  • Tanam pada lubang yang sudah dibuat, kemudian tutup dengan tanah hingga bagian akar dan batang bawah tanaman tertutup.
  • Cara membudidayakan anggur agar cepat berbuah dilanjutkan dengan menyirami menggunakan air secukupnya.
  • Buat naungan sementara supaya tanaman tidak stress.


Merawat Pohon Anggur agar Cepat Berbuah


Cara Budidaya Anggur agar Cepat Berbuah

Cara budidaya anggur agar cepat berbuah selanjutnya masuk pada tahap perawatan. Tahap ini sangat penting karena berpengaruh langsung pada pertumbuhan serta perkembangan tanaman. Berikut yang harus dilakukan.

1. Penyiraman

Penyiraman perlu dilakukan sebanyak 1-2 kali sehari. Saat tanaman sudah dewasa, penyiraman dilakukan setiap 2-3 hari sekali. Cara budidaya anggur supaya cepat berbuah ini menyesuaikan kondisi lingkungannya.

2. Pemangkasan

Pemangkasan penting untuk mengendalikan pertumbuhan terutama ketika mulai produksi. Pemangkasan dilakukan setidaknya 3 minggu sampai 1 bulan sekali. Tujuannya agar cabang dan ranting tidak terlalu banyak, nutrisi lebih berfokus pada perkembangan bunga dan buah.

Sebelum pemangkasan, penyiraman perlu dihentikan terlebih dahulu minimal selama 2 hari. Setelah pemangkasan selesai, hari berikutnya kembali dilakukan penyiraman secara rutin.

3. Penyiangan dan Pendangiran

Cara budidaya anggur agar cepat berbuah berikutnya adalah penyiangan. Proses penyiangan bertujuan untuk menghilangkan gulma, rumput, dan tanaman pengganggu lainnya. Sebab tanaman tersebut berpotensi menyerap nutrisi tanaman. 

Pendangiran bertujuan untuk membuat tanaman menjadi lebih gembur, tidak terlalu padat. Sehingga nutrisi dari pemupukan dan air dapat terserap oleh akar secara optimal. Penyiangan dan pendangiran bisa dilakukan setiap 2 minggu sampai 1 bulan sekali. 

4. Pembuatan Rambatan

Cara budidaya anggur agar cepat berbuah dilanjutkan dengan pembuatan rambatan. Pada saat tanaman berusia lebih dari 3 bulan HST atau 1 tahun. Rambatan ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan dan pertambahan panjang. Caranya seperti di bawah ini. 
  1. Pasang tiang para-para sesuai jarak tanam dengan ketinggian 2-3,5 m.
  2. Gunakan anyaman kawat, bilah bambu atau kayu untuk menopang batang.
  3. Berikan mata anyaman kurang lebih 40 cm.

5. Pemupukan

Cara budidaya anggur agar cepat berbuah terakhir adalah dengan memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan. Harus dimaksimalkan pada tahap pertumbuhan vegetatif. Setiap 3 bulan sekali sampai usia 1 tahun maksimalkan pemupukan NPK.

Diselingi dengan pemberian pupuk kandang atau kompos sampai masa generatif, yaitu mulai munculnya bunga. Pada tahap ini Anda bisa menambahkan pupuk khusus untuk pertumbuhan dan pembesaran buah.
Fokus pada 3 tahapan penting di atas, Anda sudah bisa mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Selain dilakukan pada lahan terbuka seperti pekarangan, cara budidaya anggur agar cepat berbuah bisa menggunakan pot asal lingkungan dan perawatan optimal.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain