Inilah Rahasia Kedahsyatan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis ternyata memiliki rahasia yang tersembunyi. Yuk, cari tahu apa rahasia kedahsyatan puasa Senin Kamis untuk umat Muslim
Inilah Rahasia Kedahsyatan Puasa Senin Kamis

Atarbiyah.com - Puasa Senin Kamis adalah jenis puasa sunah yang dikerjakan di hari Senin dan Kamis yang mana sering diamalkan oleh Rasulullah SAW sepanjang hayatnya. Ada banyak sekali pembahasan yang mengulas tentang alasan mengapa harus berpuasa secara khusus di hari-hari tersebut? Dalam artikel berikut, kita akan membahas tentang apa saja rahasia kedahsyatan puasa Senin Kamis dan manfaatnya untuk kesehatan.



Rahasia Kedahsyatan Puasa Senin-Kamis Untuk Umat Islam yang Mengamalkannya

Dalam sebuah hadis riwayat dari Aisyah RA, menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu menantikan datangnya dua hari tersebut yaitu Senin dan Kamis untuk berpuasa. Tentunya ada alasan secara khusus mengapa Rasulullah SAW menyukai untuk berpuasa di kedua hari tersebut.

Hari dibukanya pintu surga

Bahwa hari Senin dan Kamis, merupakan hari dibukanya pintu surga untuk hamba-hambanya. Dalam sebuah hadis disebutkan tentang keutamaan dibukanya pintu surga di hari Senin dan Kamis, yang mana diampuni setiap hamba-Nya yang berpuasa di kedua hari tersebut selama tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, terkecuali untuk orang yang di antara dia dan saudaranya terdapat pertikaian.

Hari diperiksanya amal ibadah hamba Allah

Hari Senin dan Kamis adalah waktu dimana amal ibadah hamba Allah akan dilaporkan dan diperiksa oleh Allah SWT. Sehingga Nabi Muhammad SAW menginginkan amal perbuatannya dilaporkan dan diperiksa dalam kondisi dirinya yang sedang berpuasa.

Hari kelahiran dan diangkatnya Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul

Hari Senin adalah hari dimana Nabi Muhammad SAW lahir dan diutus sebagai Rasul dengan menurunkan Al-Qur’an. Sebagai umatnya yang mencintai Nabi Muhammad SAW maka kita perlu mengagungkan hari lahir dan hari diangkatnya beliau sebagai Rasul untuk mendakwahkan Islam.

Salah satu amalan untuk mengumpulkan rezeki di dunia

Puasa Senin Kamis juga disarankan untuk dikerjakan bagi Anda seorang wanita karier, pedagang atau profesi lainnya untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam bisnisnya. Dengan melakukan puasa Senin Kamis maka Anda bisa mendapatkan semua hal yang diinginkan, bisa mudah mencapai hajat dan tujuan serta meraih hal yang dicita-citakan selama hal itu positif dalam kehidupan.

Membantu turunkan hawa nafsu

Khusus untuk Anda yang masih lajang dan belum mendapatkan pasangan, bisa mengamalkan puasa Senin Kamis untuk membantu menurunkan hawa nafsu yang secara alamiah muncul dalam diri. Namun kabar baiknya juga adalah puasa Senin Kamis juga bisa membantu untuk mempermudah upaya mendapatkan jodoh. Jodoh yang datang tentunya merupakan pilihan dari Allah SWT yang terbaik.

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata puasa Senin Kamis memiliki hikmah dan keistimewaan tersendiri yang memberikan motivasi tersendiri untuk umat Islam untuk mengerjakannya secara rutin dan Istiqomah. Nah selain rahasia kedahsyatan puasa Senin Kamis tersebut di atas, ternyata berpuasa juga bisa memberikan manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Membantu mengistirahatkan organ pencernaan

Bahwa setiap hari sistem pencernaan manusia merupakan salah satu organ tubuh yang membutuhkan tenaga dalam jumlah besar dan terus menerus bekerja. Sistem pencernaan juga memiliki fungsi untuk membantu proses penyembuhan, perbaikan dan pemeliharaan tubuh secara umum. Ketika berpuasa, secara tidak langsung akan membantu sistem pencernaan untuk beristirahat sehingga bisa tetap terjaga fungsinya dengan baik.

Obat penghilang rasa stres yang efektif

Ketika kita berpuasa, maka secara otomatis akan terhindar dan terjaga dari hal-hal yang tak diperbolehkan. Selain itu, juga akan membuat kita selalu berhati-hati dengan semua yang dilakukan setiap harinya. Hal itu akan membuat otak dan otot dalam tubuh kita bisa beristirahat sejenak dari semua aktivitas yang berat serta membuat tubuh lelah fisik dan mental.

Membantu mencegah resiko penuaan dini

Berpuasa Senin Kamis juga bisa membantu untuk meremajakan sel kulit sehingga bisa mencegah terjadinya resiko penuaan dini. Setiap organ dalam tubuh bisa beristirahat sehingga tak bekerja secara terus menerus dengan dampak langsung pada kesehatan kulit yang tetap terjaga sehat dan kencang.

Membantu menyehatkan organ jantung

Bahwa dengan berpuasa juga bisa membantu menurunkan resiko arteriosklerosis atau sejenis gangguan kesehatan dalam bentuk penyumbatan arteri karena lemak dalam tubuh. Ketika tubuh berpuasa, maka lemak dalam tubuh akan digunakan sebagai cadangan energi. Selain itu, jika dilakukan puasa Senin Kamis secara rutin akan sangat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. 

Sekian ulasan tentang rahasia kedahsyatan puasa Senin Kamis dan manfaatnya untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh jika melakukannya dengan rutin dan Istiqomah.

  

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain