Kisah Nabi Ulul Azmi Secara Singkat dan Mukjizatnya

Apakah Anda tahu kisah Nabi dan Rasul Kita? Yuk, simak artikel berikut yang menjelaskan kisah Nabi Ulul Azmi secara singkat.

Kisah Nabi Ulul Azmi Secara Singkat dan Mukjizatnya


Atarbiyah.com
- Di dalam Al-Qur’an disebutkan tentang kisah Nabi Ulul Azmi secara singkat beserta keteladanannya yang patut dicontoh oleh semua umat Islam. Gelar Ulul Azmi diberikan kepada 5 Nabi yang juga menjadi Rasul pilihan Allah SWT. Kata Ulul Azmi merupakan gabungan dari kata “ulul” yang berarti memiliki dan “azmi” yang artinya hati yang teguh.

Maka bisa diartikan Ulul Azmi adalah orang yang memiliki kesabaran, ketabahan dan keteguhan hati yang luar biasa dalam menjalankan perintah Allah serta tugas suci sebagai Nabi dan Rasul dalam Islam.


5 Kisah Nabi Ulul Azmi Beserta Sikap Teladan yang Dimilikinya

Gelar Nabi Ulul Azmi diberikan kepada 5 Nabi dan Rasul yang mempunyai ketabahan dan keteguhan hati ketika mereka menghadapi ujian dan cobaan yang berat. Mereka dengan sikap sabar dan teguh imannya meski diuji dengan berbagai hinaan dan ancaman yang diperoleh. Berikut adalah kisah, mukjizat dan keteladanan yang dimiliki oleh kelima Nabi dan Rasul dengan gelar Ulul Azmi.

Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS, adalah seorang Nabi dan Rasul yang memiliki periode dakwah yang sangat panjang yakni hampir mencapai waktu seribu tahun lamanya. Namun hanya sedikit saja umat yang mau mengikuti ajaran yang disampaikannya. Kaum Nabi Nuh AS terkenal dengan kezaliman dan sikap sewenang-wenang pada apa saja dan siapa saja.

Allah SWT kemudian mendatangkan ujian berupa banjir bandang pada kaum Nabi Nuh AS yang ingkar dan tak mengakui Allah SWT sebagai tuhan mereka. Allah SWT memberikan mukjizat pada Nabi Nuh AS yaitu bisa selamat dari banjir bandang dengan membuat sebuah kapal besar untuk menyelamatkan kaumnya yang beriman sekaligus hewan-hewan dari banjir bandang tersebut. Semua orang kafir bahkan putra dan istrinya yang durhaka, ikut binasa karena kedatangan banjir bandang tersebut.

Nabi Ibrahim AS

Kisah Nabi Ulul Azmi secara singkat yang berikutnya adalah kisah Nabi Ibrahim AS, yang mendapatkan ujian kesabaran yaitu mendapatkan perintah untuk menyembelih Nabi Ismail, putra kesayangannya. Namun kemudian mukjizat Allah SWT terjadi dengan mengganti Nabi Ismail AS dengan seekor domba yang berasal dari surga. Nabi Ibrahim AS pun lulus dari ujian kesabaran tersebut.

Selain mukjizat di atas, Nabi Ibrahim AS juga memiliki mukjizat lainnya yaitu pernah dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrudz. Namun dengan keteguhan hati dan iman yang dimilikinya, Nabi Ibrahim AS tetap hidup hingga api berubah menjadi dingin di tubuhnya.

Nabi Musa AS

Saat Raja Fir’aun mendapatkan mimpi bahwa akan ada seorang putra yang melawan pemerintahannya, dengan segera dia memerintahkan semua bayi laki-laki yang lahir untuk dibunuh. Pada saat itulah Nabi Musa AS lahir, Ibu Musa yang bernama Yukabad tak menginginkan bayinya dibunuh, maka disembunyikan bayi tersebut di sungai Nil. Namun takdirnya untuk ditemukan oleh istri Firaun yang kemudian merawatnya dengan baik.

Nabi Musa AS kemudian tumbuh menjadi pemuda yang rajin berdakwah, cerdas dan baik perangainya. Di istana, dia kemudian menentang sikap sewenang-wenang Fir’aun pada  rakyatnya. Nabi Musa AS juga sering berhadapan dengan banyak penyihir di istana.

Namun dia selalu unggul dengan mukjizat yang dimilikinya. Nabi Musa AS juga mempunyai mukjizat lainnya yang digunakan ketika dikejar Raja Fir’aun dan pasukannya, yaitu membelah Laut Merah dan melarikan diri dari kejaran mereka.

Nabi Isa AS

Kisah Nabi Ulul Azmi yang ke empat adalah Nabi Isa AS, seorang Nabi yang menerima mukjizat pertamanya sebelum dilahirkan ke dunia. Yaitu berupa mukjizat lahir ke dunia tanpa seorang dari rahim ibu Maryam. Padahal Maryam, dikenal sebagai seorang wanita yang sholehah dan taat dalam beribadah.

Kemudian muncul prasangka buruk tentang asal muasal Nabi Isa AS, yang kemudian menjadi bukti mukjizat yang kedua yaitu ketika masih berusia bayi bisa berbicara dan membela ibunya dengan memberikan penjelasan tentang asal muasalnya.

Seiring dengan bertambah dewasa Nabi Isa AS, juga berdakwah dan mengajarkan ketauhidan dengan Allah SWT sebagai Tuhan yang patut untuk disembah. Banyak hinaan dan cacian yang datang kepadanya, namun Nabi Isa AS tetap tabah dan sabar untuk menjalankan perintah dari Allah SWT tersebut.

Nabi Isa AS diketahui memiliki banyak sekali mukjizat, seperti diselamatkan dari kejaran umatnya yang ingin menangkap dan membunuhnya dengan menggunakan cara menyalibnya. Namun Allah menyelamatkannya dengan menggantikan dirinya dengan diri orang yang berkhianat kepadanya.

Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul Allah yang terakhir yang mendapatkan mukjizat yang sangat mulia yaitu diturunkannya kitab suci Al-Qur’an kepada dirinya yang ummi atau buta huruf. Nabi Muhammad SAW juga mengalami banyak sekali ujian dan kendala dalam proses dakwah Islam yang dilakukannya.

Namun beliau tetap sabar dan tabah dalam menghadapinya ditemani istri, keluarga dan sahabat-sahabatnya. Nabi Muhammad SAW juga mempunyai mukjizat lainnya seperti bisa mengeluarkan air dari sela jari tangannya dan bisa membelah bulan kemudian mengembalikannya kembali.

Itulah beberapa kisah Nabi Ulul Azmi secara singkat dan mukjizat luar biasa yang dimiliki mereka. Semoga teladan yang mereka miliki bisa Kita contoh untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. 

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain