Cara Mendapatkan Hati Seorang Santri untuk Dijadikan Istri

Cara mendapatkan hati seorang santri antara lain dengan menjadi santri (mondok), memantaskan diri, mendekati Kyainya, mendekati ayahnya, serta berdoa.
Cara Mendapatkan Hati Seorang Santri untuk Dijadikan Istri

Anda penasaran bagaimana cara mendapatkan hati seorang santri? Tentu saja banyak laki-laki yang menginginkan santri perempuan atau santriwati sebagai pendamping hidupnya. Ini karena santri pada umumnya memiliki pengetahuan maupun pedoman agama yang kuat. 

Namun untuk mendekati seorang santriwati yang notabene tidak banyak bersinggungan dengan laki-laki tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips agar Anda bisa mendapatkan jodoh seorang santri. 

Mengapa Santri adalah Sosok Istri Idaman?

Mengapa banyak orang bertanya bagaimana cara mendapatkan hati seorang santri? Alasannya tidak lain adalah karena muslimah lulusan pesantren merupakan sosok istri yang diidamkan pria maupun mertua. Sebab, santri wanita memiliki kualitas sebagai berikut:
  • Rajin ibadah dan pandai mengaji
  • Memiliki dasar agama yang kuat untuk mendidik anak-anak kelak
  • Terbiasa hidup mandiri dan sederhana
  • Terjaga kehormatannya
  • Terlatih dalam mengatur keuangan
  • Memiliki pergaulan yang baik dan sehat
  • Jago memasak
  • Rajin dan cekatan 

4 Kriteria Penting dalam Memilih Istri Dalam Islam

Di samping cara mendapatkan hati seorang santri, penting bagi Anda untuk mengenali apa saja kriteria memilih istri menurut Islam. Berdasarkan tuntunan Rasulullah Saw, umat Islam dianjurkan memilih istri berdasarkan 4 hal, yaitu:
  1. Hartanya
  2. Nasabnya atau latar belakang keluarga
  3. Kecantikannya, dan
  4. Agamanya

Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Nasa’i, serta Ibnu Najah.

Cara Mendapatkan Hati Seorang Santri

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan hati seorang santri. Berikut ini beberapa cara untuk Anda.

1. Mondok

Kunci awal untuk membuat santri tertarik kepada Anda adalah dengan menjadi santri. Secara umum, kebanyakan orang yang menempuh pendidikan di pesantren juga menginginkan jodoh dengan latar belakang yang sama. 

Alasannya bisa dibilang cukup sederhana. Ketika Anda menjalani hidup sebagai santri, maka Anda tahu apa saja karakter santri, bagaimana kebiasaan dan gaya hidupnya, serta bagaimana prinsip-prinsip menjalani hidup terutama yang berkaitan dengan agama.

Meski begitu, ini bukan berarti menjadi santri atau anak pesantren semata-mata hanya diniatkan untuk mencari jodoh saja. Karena persepsi yang demikian adalah pandangan yang keliru. 

Jika menjadi santri didasarkan pada niat mencari jodoh saja, maka apabila harapan tersebut tidak terpenuhi Anda akan merasa kecewa dan menyesal. 

2. Memantaskan Diri sebagai Calon Imam

Cara mendapatkan hati seorang santri berikutnya yaitu dengan memantaskan diri. Apa yang dimaksud memantaskan diri? Memantaskan diri adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai kesamaan derajat.

Orang yang berilmu tentu lebih senang jika berinteraksi dengan sesama orang berilmu. Begitu juga dengan santriwati yang sholihah. Ketika membangun rumah tangga, mereka menginginkan laki-laki sholih sebagai pemimpin rumah tangga. 

Santriwati ingin mendapatkan jodoh yang sederajat dengannya, atau minimal bukan dari golongan orang yang senang melakukan maksiat. Terlebih pernikahan adalah ibadah yang dilakukan sepanjang sisa hidup. Maka, pantaskan diri Anda sebagai pasangan hidup yang baik. 

Cara mendapatkan hati seorang santri dengan memantaskan diri diantaranya mempraktikkan akhlaqul karimah (akhlak yang mulia), memperdalam ilmu agama, memperbanyak ibadah, serta menjauhi perbuatan maksiat.

Namun, Anda jangan menjalankan ibadah maupun meninggalkan perbuatan kemaksiatan dengan niat untuk semata-mata mendapatkan jodoh seorang santri. Ingatlah selalu bahwa menjalani perintah dan menjauhi larangan hanya diniatkan lillahi ta’ala.

3. Mendekat kepada Kyainya

Jika Anda bertanya apa yang harus dilakukan bagi seorang santri yang ingin mendekati santriwati? Maka salah satu jalan pintas terbaiknya adalah dengan mendekati Kyainya. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di berbagai pesantren terutama pesantren tradisional perjodohan yang dilakukan oleh Kyai masih kerap dilakukan. Untuk mendapatkan jodoh seorang santri, Anda bisa mencari tahu siapa Kyai santriwati tersebut. 

Cara mendapatkan hati seorang santri dengan mendekati Kyainya bahkan lebih mudah apabila Anda mondok di pesantren yang sama. Anda bisa mencoba berkomunikasi dengan sang Kyai dan memberi tahu bagaimana profil Anda.

Kemudian sampaikan maksud dan tujuan mengapa Anda ingin menikahi santriwati tersebut. Apabila Anda dapat menyampaikan alasan dengan baik, sang Kyai akan mempertimbangkan Anda untuk dinikahkan dengan santriwati yang diharapkan.  

4. Mendekati Ayahnya

Cara mendapatkan hati seorang santri secara dewasa dan elegan yaitu dengan mendekati ayahnya. Ada pepatah yang berkata bahwa ayah adalah cinta pertama anak perempuannya. 

Ketika berhasil mendapatkan hati sang ayah, tentu tidak sulit bagi Anda untuk mendapatkan putrinya. Anda dapat berkunjung ke rumah orang tua santriwati tersebut dan menghadap sang ayah. 

Kemudian ceritakan profil hidup Anda kepada sang ayah lalu sampaikan mengapa Anda ingin menikahi putrinya. Sampaikan pula latar belakang keluarga serta rencana Anda ke depan jika menikah dengan santriwati tersebut. 

Seorang ayah tentu akan lebih menghargai laki-laki yang secara terhormat datang kepadanya jika ingin mendekati sang anak. 

Terlebih jika ayahnya tahu apa kelebihan seorang santri. Jika sang ayah merasa bahwa Anda cocok dan pantas untuk putrinya, maka selanjutnya adalah membicarakan tanggal pernikahan. Pastikan tetap tampil apa adanya, tulus, dan tidak berlebihan. 

5. Meminta Bantuan Orang Terdekatnya

Cara mendapatkan hati seorang santri dengan mendekati Kyai ataupun ayahnya memang membutuhkan nyali yang cukup besar. Jika merasa belum siap, tidak ada salahnya mencoba memperlihatkan niat Anda untuk menikahi santriwati tersebut melalui orang terdekatnya.

Misalnya melalui sahabatnya, adiknya, kakaknya, atau kerabat dekatnya yang lain. Dalam bahasa sehari-hari, kita sering mengenalnya dengan “mak comblang”. Anda bisa meminta orang terdekat santriwati tersebut untuk mencomblangkan dengan dirinya. 

Mak comblang di sini bertindak sebagai perantara antara Anda dan santriwati yang didambakan. Mintalah orang terdekat santriwati tersebut untuk menyampaikan profil hidup Anda, dan menceritakan kelebihan-kelebihan Anda. 

Meski begitu, menceritakan kebaikan atau kelebihan secara berlebihan bukanlah cara mendapatkan hati seorang santri yang tepat. Bukannya tertarik, santriwati yang diincar bisa-bisa justru menganggap Anda terlalu narsis dan kepedean. Jadi, posisikan diri dengan baik!

6. Memperbanyak Doa

Sejumlah hadits menerangkan bahwa doa adalah senjatanya orang beriman. Ini berarti, apa yang menjadi keinginan Anda bisa terwujud dengan senantiasa memperbanyak berdoa. Namun tentunya manusia tetap wajib ikhtiar dan tawakkal. 

Begitu pula ketika Anda ingin mendapatkan jodoh seorang santriwati. Ikhtiarnya adalah melakukan cara-cara mencuri hati santriwati sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas. 

Semua orang tentu ingin mendapatkan jodoh terbaik untuk menjadi pendamping hidup di sisa umurnya. Dengan berjuang melalui cara mendapatkan hati seorang santri di atas, semoga niat Anda berjodoh dengan santriwati dapat terwujud. 

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain