P2P Syariah Terbaik, Platform Pinjaman Online Resmi dan Halal

P2P syariah terbaik menjadi solusi bagi orang yang ingin mendapatkan pinjaman dana mudah dan halal dengan banyak keuntungan yang bisa didapatkan.
P2P Syariah Terbaik, Platform Pinjaman Online Resmi dan Halal

ATARBIYAH.COM
- Banyak orang yang membutuhkan pinjaman uang untuk modal bisnis atau kebutuhan lainnya. Sekarang hal itu semakin dimudahkan dengan hadirnya P2P syariah terbaik sehingga masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman secara online.

Dengan adanya P2P Syariah maka memungkinkan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan kreditur.

Apakah P2P Lending Syariah Bersifat Halal?

Secara umum terdapat dua jenis P2P lending, yakni konvensional dan syariah. Untuk sistem konvensional berlaku aturan dan ketentuan secara umum yaitu dengan memberikan bunga bagi kreditur.

Sedangkan P2P lending syariah adalah platform pinjaman dana secara daring yang menerapkan prinsip syariah dalam memberikan pinjaman kepada kreditur.

Dengan demikian, maka program ini menjalankan sistem sesuai dengan ketentuan dan syariat Islam, salah satunya yaitu tidak menerapkan adanya bunga atau riba pinjaman.

Tujuan adanya P2P syariah tidak sekadar untuk mendapatkan keuntungan semata tetapi juga memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Sistem ini beroperasi sesuai dengan landasan hukum dari Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan fatwa MUI.

Keuntungan Memilih P2P Syariah

Dalam hal penggunaannya, P2P syariah tidak jauh berbeda dengan P2P konvensional, yakni sama-sama menggunakan aplikasi dalam mengoperasikannya. Namun untuk sistem syariah memberikan keuntungan sebagai berikut.

1. Menerapkan Akad Syariah

Dalam transaksinya, P2P Syariah tentunya menggunakan akad syariah, sehingga pemberi pinjaman dapat menginvestasikan dana untuk kreditur atau peminjam. Peminjam dapat mengajukan pembiayaan lewat aplikasi lending syariah.

Akad yang dilakukan lebih merujuk terhadap prinsip Al adl, tawazun, alamiah, maslahah, dan objek halal lainnya.

2. Terhindar dari Penipuan dan Riba

Salah satu keuntungan dari P2P syariah terbaik yaitu lebih melindungi para kreditur dari kejahatan penipuan. Selain itu, dalam sistem ini tidak diberlakukan riba atau bunga yang memberatkan kreditur.

Cara ini merupakan upaya P2P syariah untuk melindungi peminjam dari berbagai kerugian melalui penerapan sistem syariah.

3. Peminjam dan Pemberi Pinjaman Dipertemukan Langsung

Saat melakukan investasi atau mengajukan pembiayaan pada suatu lembaga keuangan, umumnya peminjam tidak dipertemukan secara langsung dengan pihak yang memberikan pinjaman.

Namun hal ini berbeda dengan konsep P2P syariah, yang mempertemukan kedua belah pihak secara langsung melalui aplikasi. Dengan begitu, maka secara tidak langsung dapat menggeser peran bank sebagai pihak ketiga dalam memberikan pinjaman.

4. Imbal Hasil Menguntungkan

Banyak yang mengira bahwa P2P konvensional jauh lebih menguntungkan dibandingkan P2P syariah dalam hal imbal hasil. Namun ternyata ada banyak fintech investasi yang menawarkan imbal hasil tinggi dan sudah terdaftar OJK.

Bahkan secara umum imbal hasil sistem konvensional hanya berkisar 5% sampai 7% saja. Sedangkan untuk keuntungan imbal hasil dengan sistem P2P syariah bisa mencapai 21% per tahun, di mana persentase ini terbilang tinggi.

Daftar Platform P2P Lending Syariah Terbaik, Terdaftar OJK

Apabila ingin bertransaksi melalui P2P lending syariah, tidak perlu ragu terkait dengan kehalalannya karena sudah diatur dalam fatwa MUI. Bahkan beberapa platform resmi pun sudah terdaftar di OJK sehingga aman untuk bertransaksi.

Berikut ini merupakan beberapa daftar P2P syariah terbaik yang sudah resmi dan dijamin keamanannya.

1. Ammana

Ammana merupakan produk P2P syariah yang resmi dari PT Ammana Fintek Syariah. Tujuan penerapannya yaitu untuk pembiayaan dan investasi bagi para peminjam yang ingin menggerakkan usaha mikro.

Ammana memberikan tawaran imbal hasil bagi para penggunanya dengan persentase yang cukup besar hingga 21,6% per tahun. Hal ini tentu menguntungkan bagi para kreditur atau peminjam.

2. DanaSyariah

Apabila sedang mencari platform P2P lending syariah yang sudah resmi terdaftar OJK, DanaSyariah merupakan salah satu pilihan yang paling tepat. Pasalnya, melalui platform ini dapat memberikan pendanaan sekaligus mengajukan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, platform ini juga menguntungkan dalam hal pengoperasian karena mudah digunakan. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store.

3. Duha Syariah

Fintek P2P syariah terbaik yang satu ini memberikan tawaran pembiayaan tanpa adanya riba. Dana yang dipinjam dari platform ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan haji, umroh, wisata, hingga biaya pendidikan.

Terkait dengan produk pembiayaan yang ditawarkan mempunyai pilihan tenor mulai 3 bulan sampai 12 bulan.

4. Alami

Alami merupakan salah satu P2P lending berbasis syariah yang telah mendapatkan lisensi resmi dari OJK. Untuk produk yang tersedia pada platform ini yaitu pendanaan dan pembiayaan.

Untuk kredibilitas tentunya sudah tidak diragukan lagi bahkan platform ini sempat memperoleh penghargaan sebagai the best P2P Financing Platform di Asia pada tahun 2020.

5. Fintek Syariah

Platform P2P Lending syariah Fintek Syariah dikembangkan langsung oleh PT Berkah Fintech Syariah yang secara resmi sudah terdaftar oleh OJK, BSSN, Kominfo dan KAN.

Fintek Syariah memberikan peluang yang besar bagi setiap orang untuk mengajukan pembiayaan atau mendanai berbagai kebutuhan.

Di tahun 2020, platform ini telah berhasil memberikan pembiayaan kepada sekitar 51.393 orang dengan prosedur yang mudah.

6. Investree

Platform resmi dari PT Investree Radhika Jaya ini menjalankan sistem lending online yang berbasis konvensional dan syariah. Khusus untuk P2P lending versi syariah, fintech ini memberikan tawaran pinjaman invoice financing syariah.

Invoice financing syariah adalah pinjaman bisnis yang menggunakan tagihan sebagai jaminan. Anda akan memperoleh maksimal 80% dari total nilai tagihan tersebut.

Untuk nilai tagihan ini maksimal yaitu 2 miliar, sedangkan untuk jangka waktu pembayaran atau tenornya yaitu 30 - 180 hari.

Demikianlah penjelasan mengenai apa saja daftar platform P2P syariah terbaik dan keuntungannya. Anda dapat memanfaatkan beberapa platform tersebut untuk mendapatkan pinjaman dana secara online tanpa khawatir adanya bunga atau riba.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain