Investasi Reksadana Syariah Terbaik dan Panduan Memilihnya

Anda ingin berinvestasi reksadana syariah? Ketahui tips memilih investasi reksadana syariah terbaik dan keunggulan yang dimilikinya hanya di sini!
Investasi Reksadana Syariah Terbaik dan Panduan Memilihnya

Atarbiyah.com
- Saat ini semakin banyak kaum muda yang berminat untuk berinvestasi di reksadana syariah khususnya kalangan mahasiswa. Produk investasi yang tersedia di dalam investasi syariah yang sangat beragam membuat mereka bingung untuk memilih mana yang terbaik dan lebih sesuai untuk mereka. Artikel berikut akan membantu mengulas investasi reksadana syariah terbaik hanya untuk Anda.

Tips Memilih Investasi Reksadana Syariah Terbaik

Sebelum memilih salah satu di antara berbagai jenis investasi syariah yang tersedia, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bahwa ada 4 jenis reksadana syariah yang ada.

  1. Reksadana campuran syariah
  2. Reksadana saham syariah
  3. Reksadana pendapatan tetap syariah
  4. Reksadana pasar uang syariah

Dari beberapa jenis reksadana yang disebutkan di atas, Anda harus bisa memilih jenis investasi reksadana syariah terbaik yang sesuai dengan karakter dan kemampuan. Setiap orang yang berinvestasi tentunya berharap untuk bisa mendapatkan imbal hasil yang lumayan dan sesuai harapan, dan hal itu hanya bisa terjadi jika Anda bisa memilih investasi yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih jenis investasi yang tepat dan sesuai.

1. Ketahui tujuan untuk berinvestasi

Sebelum menentukan pilihan produk investasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan Anda untuk melakukan investasi. Tujuannya adalah agar supaya bisa menentukan jenis reksadana yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan untuk berinvestasi bisa terdiri dari berbagai macam tujuan seperti untuk melindungi aset dari inflasi, untuk mempertahankan nilai aset atau untuk mengembangkan nilai aset yang bisa meningkatkan jumlah kekayaan yang dimiliki.

2. Kenali setiap produk investasi dengan baik

Hal itu memiliki tujuan agar supaya Anda bisa memilih jenis produk investasi yang sesuai dengan target tujuan investasi serta kemampuan finansial yang dimiliki. Bahwa dalam dunia investasi di kenal ada dua macam tipe investor yaitu :

  1. Investor yang tertarik karena basis syariah yang umumnya terdiri dari lembaga keuangan seperti asuransi takaful atau individu yang memang hanya mau berinvestasi di jenis investasi berbasis syariah saja.
  2. Investor yang tertarik karena imbal hasilnya, yaitu jenis investor yang berasal dari individu atau lembaga yang membeli investasi karena profit atau imbal hasil yang dihasilkannya.

3. Ketahui dengan baik jenis profil risiko

Secara umum profil risiko terdiri dari beberapa macam seperti moderat, agresif hingga konservatif. Dengan mengetahui apa yang menjadi profil risiko yang Anda miliki maka Anda bisa dengan mudah memilih jenis produk investasi reksadana syariah terbaik yang tepat dan cocok. Berikut panduannya :

  • Profil risiko agresif, bisa mengambil jenis investasi di reksadana syariah saham
  • Profil risiko konservatif, bisa mengambil investasi di reksadana pasar syariah atau reksadana syariah pendapatan tetap

4. Tetapkan jangka waktu investasi terbaik

Anda juga harus bisa menetapkan jangka waktu untuk berinvestasi yang terbaik. Caranya adalah dengan menentukan kapan akan digunakannya uang atau dana yang diinvestasikan hari ini. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan sehingga bisa memudahkan Anda untuk memilih jenis investasi syariah yang sesuai. Berikut keterangan jangka waktu setiap jenis investasi reksadana syariah :

  • Reksadana syariah pasar uang syariah memiliki jangka waktu yang pendek yaitu kurang lebih 1 tahun
  • Reksadana syariah pendapatan tetap memiliki jangka waktu investasi dari 1 hingga 3 tahun
  • Reksadana campuran syariah memiliki jangka waktu investasi yang mencapai 5 tahun
  • Reksadana saham syariah memiliki jangka waktu di atas 5 tahun

5. Pelajari seluk beluk berinvestasi syariah

Selain hal di atas, sangat penting untuk mempelajari produk investasi reksadana syariah terbaik secara menyeluruh. Dari mulai siapa yang akan melakukan pengelolaan investasi, bagaimana kinerja reksadana tersebut, bagaimana cara memilih manajer investasi yang terbaik dan terpercaya dan berbagai hal penting lainnya dalam berinvestasi. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap dari berita hingga fund fact sheet yang selalu diupdate di situs website manajer investasi saat ini.

Cara Memilih Manajer Investasi yang Berpengalaman dan Terpercaya

Salah satu tips untuk memilih investasi reksadana syariah yang terbaik adalah dengan memilih manajer investasi yang berpengalaman dan terpercaya sehingga imbal hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih manajer investasi yang terbaik.

1. Pastikan memiliki pengalaman

Manajer investasi yang berpengalaman pastinya memiliki portofolio tentang kinerjanya yang bagus. Bahkan bisa saja dia mendapatkan rekomendasi baik dari situs website manajer investasi atau klien rekanan yang memang puas dengan kinerjanya.

2. Ketahui rekam jejaknya dengan baik

Setiap manajer investasi memiliki rekam jejak yang bisa dilacak dengan mudah sehingga sangat penting untuk mengeceknya sebelum Anda memilihnya. Mengetahui rekam jejak juga bisa membantu Anda untuk memahami bagaimana cara kerja dari manajer investasi tersebut.

3. Mencantumkan biaya yang transparan

Antara manajer investasi dan penanam modal harus ada rasa saling percaya sehingga bisa bekerja sama dengan baik. Terutama dalam investasi syariah yang mana kedua pihak tersebut memiliki kedudukan yang sama. Manajer investasi harus bisa mencantumkan biaya manajerial yang jelas dan transparan.

4. Mengetahui risiko dan imbal hasil investasi

Seorang manajer investasi yang berpengalaman dan profesional pastinya bisa mengetahui dengan baik profil risiko serta peluang untuk mendapatkan imbal hasil yang maksimal untuk investasi yang dikelolanya.

Itulah beberapa tips memilih investasi reksadana syariah terbaik dan cara memilih manajer investasi yang berpengalaman untuk keberhasilan investasi yang Anda lakukan. Semoga berhasil.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain