4 Pahala Ibu Hamil Dalam Islam yang Perlu Kamu Ketahui

Allah menjanjikan keistimewaan bagi ibu hamil dan menyusui pahala yang berlipat-lipat ganda. Cari tahu pahala ibu hamil di sini.
Bagi pasangan yang sudah menikah, kehadiran si buah hati merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap insan di dunia. Kehamilan itu sendiri merupakan sebuah anugerah istimewa yang diberikan Allah SWT untuk seorang wanita setelah menikah. Agama Islam menyebutkan bahwa ibu hamil dan menyusui akan mendapatkan pahala serta keistimewaan dari Allah SWT.

Pahala ibu hamil tertulis pada Al-Qur’an yaitu QS. Al Ahqaf ayat 15 di mana disebutkan jika ibu yang sudah susah payah mengandung bayinya sampai dengan melahirkan hingga menyapihnya bakal memperoleh pahala yang setimpal.

Apa Saja Pahala Untuk Ibu Hamil?

4 Pahala Ibu Hamil Dalam Islam yang Perlu Kamu Ketahui

Proses yang dialami para ibu hamil sangatlah tidak mudah, seorang ibu hamil sampai harus bertarung dengan nyawa saat melahirkan buah hatinya. Oleh karena itu Allah menjanjikan keistimewaan dan pahala yang akan didapatkan di antaranya:

Keutamaan shalat ibu hamil

Tahukah Anda, shalat ibu hamil ternyata diutamakan oleh Allah SWT loh dibanding 80 rakaat shalatnya seorang perempuan yang tidak hamil. Hal ini tertulis pada sebuah hadits yang merupakan sabda dari Rasulullah SAW yang artinya, “Bahwa dua rakaat shalat ibu hamil menjadi lebih baik dibandingkan dengan 80 rakaat shalat yang dilakukan perempuan tidak hamil.” (HR. Muslim)

Keutamaan ini diberikan karena sedang mengandung janin di dalam perutnya dimana janin yang dikandung juga ikut melakukan shalat seperti mendengar bacaan shalat, ikut dalam sujud bersama sang ibu. Jadi dalam hal ini janin yang dikandung ikut menghadap kepada Allah SWT.

Mendapatkan pahala besar

Pahala ibu hamil juga besar karena ganjarannya sama dengan ketika melakukan puasa di siang hari serta pahala ibadah di malam hari. Rasulullah SAW juga bersabda bahwa seorang ibu hamil diketahui akan memperoleh pahala yang besarnya setara dengan 70 tahun shalat serta puasa. Masya Allah, Allah benar-benar Maha Baik yang memberikan keistimewaan bagi para ibu hamil.

Hal tersebut karena sang ibu telah membawa amanah yang diperintahkan oleh Allah yaitu janin yang dibawanya setiap hari ke mana pun sehingga benar jika ibu hamil memperoleh pahala besar di sisi Allah SWT.

Pahala mati syahid

Keutamaan selanjutnya yang didapatkan ibu hamil adalah saat seorang ibu meninggal ketika sedang melahirkan maka kematian tersebut dianggap mati syahid. Hal tersebut tertulis pada hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud, Nasa’I dan Malik. Di dalam hadits tersebut disebutkan jika wanita yang meninggal dalam kondisi hamil maupun saat sedang melahirkan termasuk dalam tujuh kategori mati syahid.

Mati syahid ini diketahui jaminannya adalah surga, jadi perempuan yang meninggal ketika hamil atau melahirkan tinggi sekali kedudukannya karena betapa banyaknya harkat yang diberikan Allah SWT. Nah namun perlu digaris bawahi di sini bahwa diketahui apabila perempuan yang hamil karena perbuatan zina maka matinya akan sia-sia, Na’udzubillah.

Oleh sebab itu sebagai umat Islam, sudah sepatutnya untuk menghindari perbuatan zina karena merupakan salah satu perbuatan yang dilarang oleh agama. Selain itu zina juga mendatangkan dosa besar belum lagi bakal mendapatkan sanksi sosial dari masyarakat serta sanksi hukum.

Dijanjikan pahala 12 tahun

Kebanyakan ibu hamil pasti pada masanya akan mengalami yang namanya susah untuk tidur di malam hari apalagi jika kandungannya sudah memasuki usia yang cukup besar. Alasannya karena ibu hamil akan merasakan sakit di sekujur tubuhnya yang akan membuatnya susah untuk tidur.

Keistimewaan yang diberikan Allah SWT ketika ibu hamil terjaga di malam hari dan memberikan hiburan pada janinnya adalah pahala ibadah 12 tahun lamanya. Banyak sekali keutamaan yang diberikan Allah kepada ibu hamil, selain pahala Allah juga akan mengampuni dosa-dosanya karena telah ikhlas dalam menanggung rasa sakit.

Itulah keutamaan atau pahala ibu hamil yang akan didapatkan, semoga para ibu hamil selalu semangat dan ikhlas dalam menjalankan ibadahnya apabila selalu mengingat Allah SWT. 

Kemudian bagi anak-anak semua ingatlah selalu untuk menghormati ibu karena tanpa Allah dan ibu pasti Anda semua tidak akan hadir di dunia ini. Melalui informasi ini pasti Anda akan selalu mengingat untuk selalu mencintai ibu dan orang tua yang telah membesarkan Anda.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain