Hikmah Kisah Nabi Yunus Lengkap Dari Lahir Sampai Wafat

Pelajari kisah Nabi Yunus lengkap dari lahir sampai wafat di sini. Anda bisa mendapatkan hikmah dari Nabi Yunus untuk diteladani.
Hikmah Kisah Nabi Yunus Lengkap Dari Lahir Sampai Wafat

Salah satu Nabi yang termasuk ke dalam 25 Nabi yang harus diimani oleh seluruh umat Islam adalah Nabi Yunus AS. Ibnu Sa’d meriwayatkan bahwa Yunus bin Matta dari keturunan Benyamin bin Ya’qubb bin Ishaq bin Ibrahim. Nabi Yunus adalah seorang Nabi yang mendapatkan tugas untuk berdakwah kepada orang Assyiria di Ninawa, Iraq.

Nama Nabi Yunus sendiri disebutkan kurang lebih sekitar 6 kali dalam Al-Qur’an dan beliau wafat di Ninawa. Berikut adalah kisah Nabi Yunus lengkap dari lahir sampai wafat.

Kisah Lengkap Nabi Yunus Dari Lahir Sampai Wafat Serta Perjalanan Dakwahnya

Kisah Nabi Yunus di awali dengan kelahiran Nabi Yunus di Irak pada sebuah kampung yang bernama Ninawa. Ninawa adalah sebuah kampung yang memiliki penduduk dengan mayoritas memiliki Tuhan sesembahan yaitu berhala. 

Namun meski Nabi Yusuf lahir dan besar di lingkungan yang menyembah berhala, tak membuatnya ikut menyembah berhala seperti mereka. Beberapa waktu setelah Nabi Yusuf lahir, kemudian beliau ditinggal wafat oleh ayahanda tercinta. Berikut ini adalah beberapa kisah Nabi Yunus lengkap dari lahir sampai wafat.

Awal mula dakwah Nabi Yunus as

Allah memberikan perintah kepada Nabi Yusuf untuk mengajak umatnya yaitu penduduk Ninawa yang menyembah berhala dan berbuat jahat untuk segera bertaubat kepada Allah SWT. Namun ajakan dan dakwah nabi Yusuf tersebut ditolak keras oleh penduduk Ninawa, mereka justru menghina Nabi Yusuf kemudian mengusirnya dari kampung Ninawa.

Pelajaran pada Nabi Yunus melalui ikan paus

Setelah Nabi Yunus pergi meninggalkan kampung Ninawa, kemudian terjadi sebuah peristiwa besar yang menimpa kampung Ninawa yaitu ketika langit mulai terlihat gelap yang merupakan sebuah pertanda akan datangnya azab pada mereka sehingga membuat mereka semua ketakutan.

Nabi Yunus yang sudah pergi, naik kapal bersama dengan awak kapal namun kemudian secara tiba-tiba datang badai yang membuat kapal bergoyang dan terombang-ambing dengan hebatnya. Kemudian Nabi Yunus berinisiatif untuk menceburkan dirinya ke laut karena mengetahui badai tak akan berhenti sebelum dirinya terjun ke laut, sehingga semua awak kapal pun memperbolehkannya.

Setelah itu Nabi Yunus akhirnya dimakan oleh ikan paus yang sudah ditugaskan untuk memakan Nabi Yunus tanpa menyakitinya sedikit pun dengan tujuan untuk memberikan pelajaran kepada Nabi Yunus.

Ikhtiar Nabi Yunus ketika berada di perut ikan paus

Setelah Nabi Yunus masuk ke dalam perut ikan dan menyadari bahwa dirinya dimakan ikan paus, barulah beliau menyadari bahwa Allah sedang menegurnya. Hal itu terjadi karena dirinya tak sabar ketika berdakwah dan menghadapi kaum Ninawa. Kemudian dengan segera Nabi Yunus pun bertaubat dan memohon ampunan dari Allah SWT dikelilingi gelapnya kondisi perut ikan paus. 

Setelah berada sekitar 3 hari 3 malam di perut ikan paus, kemudian Allah mengampuni Nabi Yunus. Allah memiliki sifat yang Maha pemaaf yang mana akan memberikan maaf dan ampunan untuk umat-Nya yang bertaubat dengan sungguh-sungguh.

Kemudian Allah memerintahkan pada ikan paus untuk memuntahkan Nabi Yunus di sebuah tanah yang tandus, namun di tempat tersebut Allah menumbuhkan tanaman yaqthinah yang bisa dijadikan obat untuk Nabi Yunus yang mengalami sakit setelah keluar dari perut ikan paus.

Kisah wafatnya Nabi Yunus

Setelah Allah menerima taubat dari Nabi Yunus, kemudian beliau diperintahkan untuk kembali ke Kampung Ninawa dan berdakwah kembali sekaligus memberikan kabar bahwa taubat seluruh penduduk Ninawa diterima oleh Allah SWT. Nabi Yunus kemudian hidup bersama umatnya hingga mencapai usia 110 tahun. Nabi Yunus diriwayatkan dimakamkan di kampung Ninawa, yang hingga kini banyak dikunjungi oleh umat Islam untuk berziarah. 

Hikmah yang Bisa Diambil dari Kisah Hidup Nabi Yunus

Bahwa Nabi Yunus mengajarkan kepada kita khususnya umat Islam yaitu untuk segera bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah ketika menyadari sudah berbuat satu kesalahan. Kisah tersebut juga bisa menjadi gambaran bahwa Allah SWT memiliki sifat yang Maha Pemaaf dan Maha Pengampun kepada semua hamba-Nya yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh.

Kita juga bisa mengambil pelajaran dari kaum Ninawa yang mau menyadari kesalahan dan bertaubat untuk segera menjalani kehidupan dengan benar sesuai dengan tuntunan yang diberikan dari Nabi Yunus. Itulah ulasan singkat tentang kisah Nabi Yunus lengkap dari lahir sampai wafat. Semoga bisa menjadi hikmah dan pelajaran yang terbaik untuk diteladani dalam kehidupan kita semua.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain