Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Dianjurkan Rasulullah

Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah merupakan suatu ibadah yang memiliki banyak sekali keutamaan.
ATARBIYAH.COM - Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah merupakan suatu ibadah yang memiliki banyak sekali keutamaan. Sebagi umat muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sholat tahajud ini sesuai dengan sunnah dan anjuran dari Rasulullah.

Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Dianjurkan Rasulullah

Ibadah sholat tahajud ini waktu pelaksanaannya bisa dilaksanakan pada waktu malam hari setelah menunaikan ibadah sholat wajib isya hingga sebelum memasuki waktu subuh berkumandang. Namun waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah ini adalah pada sepertiga akhir malam.

Sholat tahajud ini juga disebut sebagai sholat witr, karena pelaksanaan sholat ini dilaksanakan dalam jumlah rakaat yang terhitung ganjil. Ibadah Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah ini juga boleh dilakukan secara sendirian maupun bisa juga dilaksanakan secara berjamaah.

Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah dan Niatnya

Tidak jauh berbeda dengan tata cara melakukan ibadah sholat yang lainnya, namun Rasulullah telah menganjurkan untuk mendahului sholat tahajud ini dengan tidur terlebih dahulu. Selain itu Rasulullah juga mengerjakan sholat tahajud ini sebanyak dua maupun empat rakaat.

Pelaksanaan Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah tersebut tanpa diikuti dengan tasyahud awal selama pengerjaan qiyamul lail mencapai total sejumlah 11 rakaat diikuti dengan witir.

Di bawah ini adalah tata cara sholat tahajud dua rakaat sesuai dengan sunnah dan bisa diamalkan dalam ibadah.

  1. Pertama silahkan awali dengan membaca niat sholat tahajud
  2. Bacaan niat sholat tahajud adalah ‘’ushalli sonata tahajuddi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla’’. Yang artinya ‘’aku niat sholat sunah tahajud 2 rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah ta’ala’’
  3. Takbiratul ikhram lalu diikuti dengan bacaan doa iftitah
  4. Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah yang ketiga silahkan dilanjutkan dengan membaca surat al-fatihah
  5. Setelah membaca surat al-fatihah, silahkan langsung dilanjutkan membaca surat pendek yang ada di dalam al-qur’an
  6. Rukuk
  7. Itidal
  8. Setelah membaca bacaan itidal silahkan sujud seperti pelaksanaan sholat pada umumnya
  9. Ulangilah gerakan seperti yang sudah dilakukan pada rakaat pertama
  10. Membaca bacaan doa tahiyat akhir pada jumlah rakaat yang kedua
  11. Salam

Manfaat dan Juga Keutamaan Sholat Tahajud

Setelah mengetahui beberapa Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah yang sudah dijelaskan di atas. Perlu juga Anda memahami sebenarnya apa saja manfaat jika kita melakukan ibadah sholat tahajud.

Memang tidak mudah melaksanakan ibadah sholat tahajud ini karena kita harus melaksanakan ibadah di saat orang-orang sedang enak tidur terlelap. Meskipun hukumnya tidak wajib tetapi orang yang mengerjakan ibadah ini akan mendapatkan apa yang dijanjikan oleh-Nya.

Oleh karena itu manfaat yang ada jika melakukan sholat tahajud sesuai dengan Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah tidak hanya sedikit saja. Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan saat melakukan sholat tahajud ini adalah bisa mengangkat derajad orang yang melakukan ibadah sholat tahajud.

Dengan mendirikan ibadah sholat tahajud maka Allah akan menjanjikan dan meninggikan derajad kedudukan kita sebagai seorang umat muslim. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam surat al Isra ayat 79 yang memiliki arti ;

‘’Dan pada sebagian malam hari bertahajud lah kamu sebagai suatu bentuk ibadah tambahan bagimu, mudah-kemudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke suatu tempat yang sangat terpuji’’

Manfaat kedua yang bisa didapatkan ketika melakukan sholat tahajud sesuai Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah, maka doanya akan dijabah oleh Allah SWT.

Pada saat malam hari ketika tubuh sedang beristirahat, pada saat itulah Allah turun ke langit untuk mengabulkan atau mengijabah doa yang dipanjatkan oleh hambanya. Inilah kesempatan bagi kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

‘’Allah SWT turun ke langit dunia pada setiap malamnya, ketika terseisa sepertiga malam terakhir, maka Allah berfirman : Siapa yang memanjatkan doa kepadaKu akan KU ijabahi doanya’’

Manfaat yang akan didapatkan selanjutnya adalah bisa mendapatkan kemuliaan dan suatu kewibawaan pada diri kita. Pada waktu malam juga Allah akan memberikan suatu kemuliaan serta kewibawaan.

Khususnya pada para hamba Allah yang melakukan dan menunaikan ibadah pada waktu malam hari. Manfaat sholat tahajud selanjutnya adalah bisa menjadi sosok yang rendah hati dan juga bisa mendapat ketenangan hati.

Ibadah tahajud bisa menjadikan seseorang lebih memiliki sifat rendah hati dan juga akan diberi ketenangan dan juga ketentraman. Banyak manfaat dari sholat tahajud sesuai Tata cara sholat tahajud sesuai sunnah.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain