Nabi dan Mukjizatnya yang Wajib Diimani

Seperti kita ketahui, ada 25 nabi dan mukjizatnya yang perlu untuk dipahami oleh seluruh umat muslim.
Seperti kita ketahui, ada 25 nabi dan mukjizatnya yang perlu untuk dipahami oleh seluruh umat muslim. Bagi umat muslim, Nabi dan juga Rasul merupakan sosok suri tauladan.

Semua tingkah laku dari Nabi dan juga Rasul pantas dijadikan contoh semua umat manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebetulnya jumlah keseluruhan Nabi yang sesungguhnya tidak terhitung.

Tetapi di dalam Islam kita wajib mengimani 25 Nabi dan juga Rasul. Di dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa nabi lengkap dengan mukjizatnya.

Mengenal Beberapa Nabi dan Mukjizatnya

Nabi dan Mukjizatnya yang Wajib Diimani

Seperti telah dibahas sebelumnya, dalam Islam kita wajib mengimani 25 Nabi dan Rasul. Berikut ini beberapa Nabi dan juga mukjizat yang diperoleh, antara lain seperti :

1. Nabi Muhammad

Salah satu nabi dan mukjizatnya yang pertama ialah Nabi Muhammad. Nabi Muhammad merupakan nabi terakhir sekaligus juga penutup, tidak ada lagi nabi setelah Nabi Muhammad wafat.

Mukjizat Nabi Muhammad di antaranya mampu membela bulan, menurunkan hujan, di atasnya selalu dinaungi awan. Serta mukjizatnya yang paling besar ialah Al Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dan sebagainya.

2. Nabi Adam

Bila tadi Nabi Muhammad adalah nabi terakhir sekaligus penutup. Berikutnya ada Nabi Adam, nabi pertama sekaligus juga manusia pertama yang diciptakan oleh Allah. Nabi Adam memiliki beberapa mukjizat.

Di antaranya seperti menjadi seorang khalifah pertama di bumi, mempunyai tinggi 60 hasta. Dikaruniai keturunan kembar berpasang-pasangan, diajarkan oleh Allah segala hal tentang nama benda dan makhluk di bumi.

3. Nabi Idris

Nabi dan mukjizatnya yang berikutnya ialah Nabi Idris. Nabi Idris merupakan keturunan keenam Nabi Adam dan terkenal dengan kecerdasannya. Beberapa mukjizat Nabi Idris di antaranya pernah melihat surga dan neraka.

Manusia pertama yang dapat menulis dan membaca, mempunyai kecerdasan mengamati fenomena alam dan mengartikan wahyu Allah. Nabi Idris pernah merasakan sakaratul maut dan hidupkan lagi atas izin Allah.

Nabi Idris juga merupakan manusia pertama yang dapat menjahit pakaian. Nabi Idris dapat menggunakan pakaian terindah, sedangkan pada zaman itu orang-orang masih menggunakan kulit binatang.

4. Nabi Isa

Berikutnya adalah Nabi Isa, nabi Isa tidak mempunyai ayah, lahir dari rahim seorang wanita suci yang bernama Maryam. Beberapa mukjizat dari Nabi Isa antara lain seperti dapat berbicara saat bayi.

Mampu menghidupkan orang yang telah mati, menghidupkan burung dari tanah liat, menurunkan hidangan dari langit. Serta dianugrahi kitab injil, menyembuhkan orang buta dan penyakit sopak.

5. Nabi Ibrahim

Nabi dan mukjizatnya yang berikutnya ialah Nabi Ibrahim. Satu di antara nabi-nabi yang kisah hidupnya sering diceritakan dalam Al Qur’an. Nabi Ibrahim mempunyai mukjizat di antaranya mengubah pasir menjadi makanan.

Dapat mempunyai anak ketika umurnya sudah mencapai 99 tahun. Tetap dapat hidup meskipun dibakar dengan api, menyaksikan burung dihidupkan kembali. Itulah beberapa mukjizat dari Nabi Ibrahim.

6. Nabi Ismail

Selanjutnya adalah Nabi Ismail yang merupakan anak dari Nabi Ibrahim dan istrinya, Hajar. Beberapa mukjizat dari Nabi Ismail antara lain seperti air zamzam yang bisa kita lihat hingga saat ini.

Nabi Ismail sempat mendapatkan perintah dari Allah untuk disembelih oleh ayahnya. Tetapi, saat Nabi Ismail akan disembelih, Allah ganti dengan kambing, peristiwa itulah awal mula Hari Raya Idul Adha.

7. Nabi Yusuf

Nabi dan mukjizatnya yang selanjutnya ialah Nabi Yusuf, anak dari Nabi Yaqub. Dia pernah bermimpi, bahwa matahari, bintang dan juga bulan bersujud kepadanya. Mukjizat Nabi Yuuf antara lain seperti.

Mempunyai paras tampan, bahkan para wanita pernah mengiris jarinya karena terpesona ketampanan Nabi Yusuf. Mampu menafsirkan mimpi, Nabi Yusuf bahkan pernah menafsirkan mimpi raja hingga akhirnya diangkat sebagai pejabat Mesir.

8. Nabi Musa

Nabi Musa merupakan nabi yang mampu memerangi Raja Firaun. Dia memimpin kaum Bani Israil agar menyembah Allah. Mukjizat Nabi Musa di antaranya mampu menghidupkan orang mati.

Mempunyai sebuah tongkat yang dapat berubah menjadi seekor ular. Mampu membelah laut merah, dianugrahi oleh Allah kitab Taurat yang berisi 10 firman Allah bagi Bani Israil.

Seluruh umat Islam memang sebaiknya harus tau mukjizat dari para nabi, agar semakin menambahkan ketaqwaan kepada Allah. Dan kini Anda sudah mengetahui beberapa nabi dan mukjizatnya.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain