Manfaat Puasa Mutih 7 Hari, Anda Perlu Tahu

Ada beberapa manfaat puasa mutih 7 hari yang jarang diketahui sebagian besar orang.
Ada beberapa manfaat puasa mutih 7 hari yang jarang diketahui sebagian besar orang. Bagi orang Jawa, tentu familiar dengan puasa mutih, karena puasa ini sudah lama dilakukan oleh leluhur Jawa.

Puasa mutih ini bukan tergolong puasa wajib maupun sunnah, namun puasa yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Salah satunya guna membersihkan batin dari dosa dan penyakit hati.

Puasa mutih ini diyakini para pelakunya sebagai cara agar bisa mendapatkan hidayah dari Allah. Di dalam artikel kali ini kita akan membahas secara detail tentang puasa mutih.

Mengenal Tentang Pengertian Puasa Mutih

Manfaat Puasa Mutih 7 Hari, Anda Perlu Tahu

Sebagian besar dari Anda, terutama orang Jawa tentu sudah tidak asing lagi dengan puasa mutih. Puasa mutih ini sebetulnya merupakan metode yang dilakukan para leluhur sejak dulu terutama leluhur Jawa.

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat puasa mutih 7 hari, ada baiknya ketahui dulu pengertiannya. Puasa mutih ialah puasa yang tidak diperbolehkan makan apapun air putih dan nasi putih saja.

Intinya hanya boleh minum air putih dan makan nasi putih saja, tanpa gula serta garam. Pada saat memiliki hajat tertentu, terlebih dahulu para leluhur melakukan puasa mutih agar hajat terkabul.

Tidak hanya bertujuan agar hajat cepat terkabul, puasa mutih juga mempunyai makna-makna filosofi bersifat spiritual. Pada dasarnya, puasa ini dilakukan dengan niat untuk membersihkan pikiran dan hati menuju Allah SWT.

Dengan pikiran dan hati yang bersih, maka semua hajat akan dapat cepat terkabul. Itulah hakikat dari puasa mutih yang sebetulnya. Dengan mengembalikan kesucian pikiran dan hati, termasuk mengendalikan hawa nafsu.

Maka harapan dan juga hajat bisa cepat terkabul atas izin Allah. Karena dengan hati yang bersih, cahaya ketuhanan di dalam diri akan semakin terang, sehingga energi positif juga makin besar.

Manfaat Puasa Mutih 7 Hari

Tadi kita sudah membahas tentang pengertian puasa mutih, kini kita akan membahas tentang manfaat dari puasa mutih itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaat dari puasa mutih, di antaranya seperti :

1.      Mengurangi asupan lemak

Manfaat puasa mutih 7 hari yang pertama ialah dapat mengurangi asupan lemak di dalam tubuh. Karena puasa mutih hanya mengonsumsi air putih dan juga nasi putih saja.

Apabila lemak yang masuk ke tubuh dibatasi. Maka lemak yang tertimbun di dalam akan digunakan untuk menghasilkan energi. Sehingga lemak di dalam tubuh lebih optimal digunakan, yang tertimbun hanya sedikit.

Jadi, risiko Anda terkena penyakit berbahaya juga jauh lebih rendah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda berpuasa, sebagai salah satu usaha menghindari penyakit berbahaya.

2.      Detoksi racun di dalam tubuh

Manfaat puasa mutih 7 hari berikutnya ialah mendetoksi racun. Seperti kita ketahui, puasa dikenal sebagai treatment detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. Sama seperti melakukan puasa mutih.

Yang memberikan manfaat serupa. Apabila seseorang hanya mengonsumsi air putih dan juga nasi putih. Maka dapat membantu mendetoksi racun di dalam tubuh agar mudah dikeluarkan.

Karena bila setiap hari banyak mengonsumsi makanan berat, kerja detoks di dalam tubuh kurang optimal. Sedangkan jika tidak ada asupan berat, detoks akan menjadi lebih ringan untuk dilakukan.

3.      Menurunkan kadar gula dan garam

Manfaat puasa mutih 7 hari yang berikutnya ialah dapat menurunkan kadar gula dan garam di dalam tubuh. Tidak bisa dipungkiri, semua makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung garam dan gula.    

Bila berlebihan pasti dapat membahayakan kesehatan. Apabila Anda melakukan puasa mutih selama 7 hari, kadar garam dan juga gula di dalam tubuh akan dapat berkurang.

4.      Bisa menurunkan berat badan

Seperti kita ketahui, salah satu manfaat puasa ialah dapat membantu menurunkan berat. Begitu pula dengan puasa mutih ini, meskipun hanya 7 hari, tapi sangat berdampak bagi berat badan Anda.

Sehingga bila Anda ingin diet secara alami tanpa penggunaan obat-obatan, Anda bisa coba untuk berpuasa. Selain bisa menurunkan berat badan Anda, bagus juga bagi kesehatan.

Jadi bagi Anda yang berencana ingin melakukan puasa mutih selama 7 hari, kini tidak perlu ragu lagi. Sebab sudah ada beberapa manfaat puasa mutih 7 hari yang telah Anda ketahui.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain