Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam, Dijamin Ampuh

Cara mengatasi bayi rewel menurut islam yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua.
Ada beberapa cara mengatasi bayi rewel menurut islam yang perlu Anda ketahui. Menenangkan bayi yang rewel tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar orang tua.

Menenangkan bayi yang rewel bisa dibilang cukup susah, apalagi bila sudah dibujuk berbagai macam cara tetap tidak bisa tenang. Bagi Anda umat muslim, Anda tidak perlu khawatir.

Seperti kita ketahui, Islam mengatur segala aspek kehidupan bagi pemeluknya, termasuk masalah mengurus bayi. Ada beberapa cara dalam mengatasi bayi pada saat rewel menurut Islam.

Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam

Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam, Dijamin Ampuh

Terdapat beberapa cara dalam mengatasi bayi yang rewel menurut Islam. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda praktikkan untuk menenangkan bayi Anda saat sedang rewel, antara lain sebagai berikut :

1.      Tulis di kertas dan letakkan di bawah bantal

Cara mengatasi bayi rewel menurut islam yang pertama ialah meletakkan tulisan berupa wirid dan amalan di bawah bantal. Hal tersebut berdasarkan sebuah kitab, wirid serta amalan tersebut berbunyi.

Bismillaahir rohmaanir rohiim. Afamin haadzal hadiitsi ta’jabuun, wa tadh-hakuuna wa laa tabkunn wa antum saamidunn, fa askinnii ayyatuhal manfuukhoh, wa akhrijnii kamaa khoroja yuunusa ‘alaihis salaamu min bathnil huuti.

2.      Bacakan doa dan lantunkan sholawat

Cara berikutnya untuk menenangkan bayi yang rewel, Islam menganjurkan untuk membacakan doa beserta sholawat. Dituliskan dalam Maslakul Akhyar doa yang dimaksud dan bisa dipraktikkan ialah.

U’iidzuka bi kalimaatillaahit taammaati min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ainin laammah. Dengan membacakan doa tersebut, atas izin Allah bayi Anda akan cepat tenang.

3.      Usapkan air yang telah didoakan

Cara mengatasi bayi rewel menurut islam yang berikutnya ialah usapkan air yang telah didoakan. Perlu diketahui, ada banyak penyebab bayi rewel, salah satunya karena gangguan jin dan setan.

Bayi memang masih kecil dan mempunyai kepekaan yang sangat tinggi. Maka dari itu, Anda dapat melakukan ruqyah sendiri di rumah, caranya siapkan segelas air, lalu bacakan beberapa ayat Al Qur’an.

Di antaranya seperti An Nas, Al Ikhlas, Al Falaq masing-masing 3 kali dan juga Ayat Kursi dan Al Fatihah. Tiup air tersebut, lalu ambil sedikit dan usapkan pada wajah bayi.

4.      Jangan menyumpahi yang buruk kepada anak

Meskipun bayi yang rewel terkadang membuat sebagian orang tua kesal. Namun Islam sangat melarang keras orang tua menyumpahi yang buruk-buruk kepada anaknya. Dibutuhkan kesabaran dalam mengurus anak yang rewel.

Di dalam Islam sendiri ada larangan menyumpahi anak, hal tersebut berdasarkan H.R Muslim, Abu Dawud. Yang berbunyi "Janganlah kalian menyumpahi diri kalian sendiri, jangan pula menyumpahi anak-anak kalian.

Dan jangan menyumpahi harta-harta kalian. Agar (doa tersebut) tidak bertepatan dengan saat-saat di mana Allah memberikan dan mengabulkan doa dan permintaan kalian." Maka dari itu kita harus sabar merawat anak.

5.      Bacakan surat Al Buruuj ayat 20 – 22

Cara mengatasi bayi rewel menurut islam yang berikutnya ialah dengan membacakannya surat Al Buruuj ayat 20 – 22. Bunyi ayatnya “Waallaahu min waraa-ihim muhiithun. Bal huwa qur-aanun majiidun. Fii lawhin mahfuuzhin.”

Arti dari ayat tersebut “Padahal Allah mengepung mereka dari belakang mereka. Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Quran yang mulia. Yang (tersimpan) dalam Lauh Mahfuzh.”

6.      Bacakan surat At- Takwir ayat 20

Cara mengatasi bayi rewel menurut islam yang selanjutnya ialah dengan membacakannya surat At- Takwir ayat 20. Yang berbunyi seperti ini “ZÄ« quwwatin 'inda żil-'arsyi makÄ«n.”

Arti dari ayat tersebut ialah “Yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai 'Arsy.” Bacakan surat itu agar anak Anda bisa segera tenang.

7.      Memutar murottal

Cara berikutnya, Anda dapat membiasakan memutar murottal di dalam kamar bayi. Selain agar bayi tenang, ini juga salah satu cara mendidik bayi agar terbiasa mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an.

Memutar murottal di dalam kamar bayi juga menghindarkan bayi dari gangguan jin dan setan. Karena seperti dibahas sebelumnya, salah satu penyebab bayi rewel adalah karena gangguan setan dan jin.

Jadi bagi Anda yang bayinya sering rewel, kini tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mengatasinya. Sebab sudah ada beberapa cara mengatasi bayi rewel menurut islam yang bisa dipraktikkan.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain