Adab Pergaulan dalam Islam, Muslim Wajib Tahu

Ada beberapa adab pergaulan dalam islam yang wajib diketahui oleh seluruh umat muslim.
Adab Pergaulan dalam Islam, Muslim Wajib Tahu

Ada beberapa adab pergaulan dalam islam yang wajib diketahui oleh seluruh umat muslim. Seperti kita ketahui, Islam merupakan agama mayoritas yang dianut sebagaian besar penduduk di Indonesia.

Islam mengatur segala aspek kehidupan di dalam manusia, salah satunya seperti adab dalam bergaul. Bagi umat muslim wajib untuk mengetahuinya, agar dalam bergaul kita bisa terarah.

Berperilaku baik dalam bergaul itu sangat penting, tidak hanya kepada sesama muslim saja, namun juga kepada semua orang. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang adab bergaul dalam Islam.

Berikut Adab Pergaulan dalam Islam

Seperti dibahas sebelumnya, Islam mengatur segala aspek dalam kehidupan manusia, salah satunya adab dalam bergaul. Di bawah ini beberapa adab bergaul dalam Islam, antara lain sebagai berikut :

1.      Saling tolong menolong

Adab pergaulan dalam islam yang pertama ialah harus saling tolong menolong dalam hal kebaikan dan ketaqwaan. Namun perlu diingat, terlarang saling memberi pertolongan dalam dosa.

Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW riwayat Imam Muslim. Yang berbunyi: 
"Allah senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba-Nya suka menolong saudaranya." 

Jadi, penting untuk saling tolong menolong dalam kebaikan.

2.      Memilih teman dalam bergaul

Seperti kita ketahui, manusia merupakan makhluk sosial yang dalam kehidupannya tidak dapat lepas dari orang lain. Untuk menjaga agama serta etika sosial, hendaknya memilah dan memilih siapa yang dijadikan teman.

Sebab siapa yang menjadi teman dekat, dapat memberikan dampak baik dalam akhlak seseorang maupun urusan agamanya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad.

Berbunyi "seseorang berdasarkan agama teman dekatnya, maka hendaknya salah seorang di antara kalian meneliti dengan siapa dia bergaul." 

Jadi penting untuk memilih dengan siapa kita bergaul.

3.      Saling menghormati hak teman

Adab pergaulan dalam islam yang berikutnya adalah saling menghormati hak teman. Selama bergaul dengan teman sebaya hendaknya memperlakukan dengan baik serta saling menghormati hak masing-masing dan tidak saling mendzalimi.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad riwayat Al-Bukhari, Ahmad Ibnu Majah dan Muslim. Yang berbunyi "hak seorang muslim atas muslim lainnya ada 5, yakni menjawab salam, menengok orang yang sakit.

Mengiringi jenazahnya, mendatangi undangannya dan mendoakan yarhamukallah untuk yang bersin." Begitu pula sebagaimana sabda Nabi Muhammad riwayat Imam Muslim. "wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan dzalim atas diriku.

Dan Akupun telah telah menjadikannya haram di antara kalian, maka janganlah kalian saling mendzalimi." Maka dari itu, kita dilarang untuk mendzalimi orang dalam bergaul, harus saling menghormati.

4.      Mencintai teman karena Allah

Adab pergaulan dalam islam yang selanjutnya ialah mencintai teman karena Allah. Seperti kita ketahui, Islam merupakan agama silahturahmi, cinta dan juga kasih sayang kepada sesama.

Selain itu, Islam juga melarang untuk meninggalkan saudara dalam iman. Salah satu bentuk cinta antar teman ialah melarang atau meninggalkan 1 sama lain saat ada yang melakukan kekufuran.

Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Yang berbunyi "tidak ada orang yang mencintai 1 sama lain karena Allah, atau karena Islam.

Akan membiarkan pelanggaran kecil pertama yang dilakukan salah satu dari mereka." Jadi salah satu adab bergaul di dalam Islam yang perlu diperhatikan, kita harus mencintai teman karena Allah SWT.

5.      Menjauhi hal yang menimbulkan keburukan

Adab pergaulan dalam islam berikutnya adalah menjauhi hal yang menimbulkan keburukan. Antar sesama teman hendaknya tidak saling bergunjing dan juga berprasangka buruk. Serta tidak menyebarkan kekurangan serta aibnya.

Sebagaimana firman Allah di dalam Al Qur’an surat Al-Hujurat ayat 12. Artinya "jauhilah kebanyakan dari prasangka, karena sebagian prasangka itu adalah dosa. Janganlah kalian saling mencari-cari kesalahan orang lain.

Dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lainnya. Apakah salah seorang di antara kalian suka memakan bangkai saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian tidak menyukainya."

6.      Menjaga keharmonisan hubungan pertemanan

Saat terjadi masalah yang menyangkut harga diri teman, hendaknya harus tetap saling bertegur sapa. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad, "tidak halal bagi seorang muslim untuk memboikot saudaranya lebih dari 3 hari."

Jadi bagi Anda terutama umat muslim, dalam bergaul tidak boleh sembarangan. Sebab ada beberapa adab pergaulan dalam islam yang penting untuk diperhatikan seluruh umat muslim.

Posting Komentar

© Atarbiyah. All rights reserved. Developed by Jago Desain